Arif Budi Setyanto
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Media Vietnam ikut menyoroti pernyataan Shin Tae-yong yang menyatakan siap mundur jika Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengundurkan diri imbas tragedi Kanjuruhan.

Mengomentari hal itu, pakar sepak bola Vietnam bernama Vu Manh Hai menjelaskan secara profesional, Shin Tae-yong adalah pelatih sangat baik dalam strategi.

"Shin Tae-yong telah memimpin berbagai kelompok umur di timnas Indonesia dan telah berkembang. Itu harus diakui," ucap Vu Manh Hai disadur dari Soha.vn pada Minggu (16/10/2022).

Baca Juga:
Boaz Solossa Balik ke Persipura Jayapura, Begini Komentar PSS Sleman

"Tentu jika Pak Shin mundur, saya kira sepak bola Indonesia akan terpuruk. Karena sepak bola Indonesia sekarang sangat mengikuti filosofinya," imbuhnya.

Kendati demikian, Vu Manh Hai menyoroti sikap Shin Tae-yong yang seakan membela Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. Hal itu disayangkan karena hubungannya terlalu personal dengan pria yang akrab Iwan Bule.

Pernyataan Shin Tae-yong jika Ketum PSSI ikut mundur. (Instagram/shintaeyong7777)

"Shin Tae-yong terlalu emosianal. Meski memiliki keahlian yang cukup baik, ia menciptakan banyak keributan. Hubungan antara Shin dan Ketum PSSI sangat pribadi dan itu tidak menguntungkan sepak bola Indonesia."

Baca Juga:
Mason Greenwood Ditangkap Polisi Lagi, Kini Langgar Jaminan Bebas Bersyarat

"Tidak peduli seberapa berjasanya Shin Tae-yong, sulit bagi penggemar Indonesia untuk setuju dengannya jika dia terus melakukan hal salah. Sekarang dia menyatakan bahwa jika Ketum PSSI mundur, kemungkinan ia juga akan mundur," tegas Vu Manh Hai.

Maka dari itu, jika memang Shin Tae-yong mundur dari kepelatihan, Vu Manh Hai mengatakan itu bagus untuk jangka panjang sepak bola Indonesia, meski harus bersusah payah bangkit lagi.

"Meski sepak bola Indonesia akan menurun jika Shin Tae-yong mundur, masih lebih baik untuk menemukan orang lain yang baik dalam keahlian dan gaya pribari. Jika ada pelatih yang layak dan tidak memihak, itu akan bagus," tandasnya.

Baca Juga:
Perpanjang Kontrak dengan Manchester City, Phil Foden: Mimpi Jadi Kenyataan

Terlepas dari itu, saat ini belum ada tanda-tanda Shin Tae-yong tak betah di timnas Indonesia. Nyatanya, kini ia sedang fokus bersama tim U-19 yang menjalani pemusatan latihan di Eropa sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Load More