Rauhanda Riyantama
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule dan Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Iwan Bule atau sapaan akrab dari Mochamad Iriawan sedang ramai diperbincangkan. Alasannya, dia didesak untuk mundur dari jabatannya saat ini sebagai Ketua Umum PSSI.

Ini merupakan buntut dari Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang pada awal Oktober lalu. Berbagai pihak dinilai publik sepak bola Tanah Air bertanggung jawab atas insiden kemanusiaan itu.

Iwan Bule bersama seluruh deretan pejabat di PSSI pun didesak untuk mundur sebagai bentuk tanggung jawab. Namun, dalam beberapa kesempatan Iwan Bule menolak untuk melepas jabatannya.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Dobel Masalah Timnas Indonesia U-19 Jelang Piala Dunia U-20 2023

Terbaru, Shin Tae-yong yang merupakan pelatih Timnas Indonesia angkat suara. Selain mengucapkan belasungkawa kepada korban dan keluarga korban, dia juga menyatakan sikap terkait desakan mundur Iwan Bule.

Pelatih asal Korea Selatan itu secara mengejutkan membuat pernyataan bakal ikut mundur jika Iwan Bule melepas jabatan sebagai Ketum PSSI. Tentunya, pernyataan ini menuai pro dan kontra.

Iwan Bule sendiri sebetulnya tidak terlepas dari sederet kontroversi sejak terpilih sebagai Ketum PSSI pada 2019 silam. Berikut beberapa kekurangan dari Iwan Bule.

Baca Juga:
Gabung TC Timnas Indonesia U-19 di Eropa, 4 Pemain Persis Youth Academy Dapat Wejangan

1. Pansos

Poster Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. (Instagram/@mochamadiriawan84)

Pansos atau panjat sosial merupakan istilah yang biasa digunakan zaman kiwari untuk menggambarkan seseorang yang berusaha menaikan popularitasnya. Iwan Bule sayangnya beberapa kali terlihat terang-terangan berupaya untuk melakukan hal ini.

Ambil contoh ketika dia tiba-tiba menggelar konferensi pers setelah laga Timnas Indonesia vs Curacao. Sebelumnya, dia bersama Menpora Zainudin Amali ikut mengangkat trofi saat Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Kebobolan Lebih Dulu, PSIS Semarang Kalahkan Juniornya 3-2

Netizen Indonesia juga sempat dibikin geram dengan poster Timnas Indonesia saat melaju ke final Piala AFF 2020 di mana Iwan Bule ada di dalam poster itu. Ada pula banner ucapan terima kasih kepada Iwan Bule yang terpampang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api saat laga Timnas Indonesia vs Curacao.

2. Kerap Blunder

Iwan Bule memang bukan pesepak bola, tapi dia beberapa kali melakukan blunder yang bikin jengkel dan geram netizen. Ambil contoh saat dia memberi keterangan terkait tragedi Kanjuruhan.

Baca Juga:
Pelatih Klub yang Dibela Saddil Ramdani Sebut Kualitas Pemain Muda Malaysia Setara dengan Jepang

Iwan Bule bikin blunder dengan mengucapkan kata sambutan: "hadirin yang berbahagia" ketika publik sepak bola Tanah Air sedang bersedih akibat hilangnya ratusan nyawa.

3. Lepas Tangan

Keburukan Iwan Bule ini paling anyar terlihat selama dia menjabat sebagai Ketum PSSI. Dia dinilai lepas tangan hingga cuci tangan dengan Tragedi Kanjuruhan.

Dia bersikukuh bahwa PSSI atau federasi tidak bisa disalahkan dan melimpahkan semua kesalahan yang menewaskan banyak orang ini kepada panitia pelaksana (panpel) dan PT LIB.

Sontak pernyataan yang keluar ini bikin netizen murka dan ramai-ramai mendesak agar Iwan Bule mundur dari jabatan Ketum PSSI.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More