Irwan Febri Rialdi
Presiden Inter Milan, Erick Thohir (@erickthohir/Instagram)

Bolatimes.com - Seiring dengan seruan agar Mochamad Iriawan--Iwan Bule--untuk mundur, nama Erick Thohir muncul sebagai sosok yang digadang-gadang cocok menjadi Ketua Umum PSSI.

Seruan ini muncul setelah Erick bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada pekan lalu sebagai perwakilan pemerintah Indonesia.

Pertemuan ini disebut-sebut menjadi kunci Indonesia lolos dari sanksi FIFA terkait tragedi di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Dunia pun menyoroti habis tragedi yang terjadi usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya ini. Desakan agar Indonesia mendapat sanksi pun cukup mengalir deras.

Indonesia bisa gagal menggelar Piala Dunia U-20 tahun depan dan tim nasionalnya bisa dilarang mengikuti turnamen-turnamen internasional. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Menteri Negara BUMN Erick Thohir untuk bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino.

Dalam pertemuan di Doha pekan lalu itu, Erick menyampaikan janji Indonesia untuk memperbaiki persepakbolaan nasional secara menyeluruh.

Erick menitipkan juga surat dari Jokowi untuk Infantino yang akhirnya berujung lolosnya Indonesia dari sanksi FIFA. Hal-hal ini membuat nama Erick Thohir makin difavoritkan untuk menjadi Ketum PSSI.

Berikut alasan-alasan lainnya Erick Thohir layak menjadi Ketua Umum PSSI!

1. Berpengalaman di Sepak Bola Internasional

Sepak terjang Erick Thohir di dunia sepak bola tidak kaleng-kaleng. Menteri BUMN itu berpengalaman bahkan di tingkat internasional.

Tentu masih segar di ingatan bagaimana Erick Thohir pernah menjadi pemilik saham dari raksasa Italia, Inter Milan, dan klub Amerika Serikat, D.C United.

Saat ini Erick Thohir juga menjadi salah satu pemilik dari klub asal Inggris yang bermain di League Two--divisi ketiga--Oxford United.

2. Jago Lobi

Kemampuan Erick Thohir dalam melakukan lobi juga patut diapresiasi dan bisa menjadi modal penting menjadi seorang Ketua Umum PSSI.

Kemampuannya dalam melakukan lobi terlihat saat menemui Presiden FIFA baru-baru ini. Erick Thohir menjadi perantara yang pada akhirnya membuat Indonesia lolos dari sanksi.

Selain di sepak bola, kemampuan lobi Erick Thohir juga terbukti di cabng-cabang lain. Ambil contoh di bola basket karena Indonesia terpilih menjadi  tuan rumah FIBA Asia Cup 2022 dan salah satu tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

3. Pengalaman Menjadi Ketua

Erick Thohir tak cuma menjabat sebagai Menteri BUMN saat ini, dia juga menjabat sebagai Ketua KOI (Komite Olimpiade Indonesia) dan merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Pengalaman menjadi ketua dan mengurusi organisasi ini tentunya adalah modal yang sangat berharga untuk menjadi Ketum PSSI.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More