Arif Budi Setyanto
Pemain muda Indonesia Abdurrahman Iwan berhasil mencetak gol di Qatar Cup U-17 bersama Al Wakrah (Youtube)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 gagal melaju ke Piala Asia U-16 2023. Namun, ada satu pemain Indonesia asli yang bakal tampil di ajang tersebut dengan membela Qatar U-17.

Adalah Abdurrahman Iwan yang memperkuat Qatar karena tidak dilirik oleh PSSI untuk memperkuat timnas Indonesia U-16. Ia pun membantu negara yang dibelanya lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Qatar sendiri tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama lawan-lawan berat, yakni Oman, Irak, Bahrain, dan Lebanon. Kendati begitu, mereka tampil apik.

Baca Juga:
Lanjutan Liga 1 Masih Abu-abu, Luis Milla Tak Biarkan Pemain Persib Bandung Berleha-leha

Tercatat Qatar tidak mengalami kekalahan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kali ini. Al Annabi menang tiga kali melawan Irak, Lebanon, dan Oman serta imbang menghadapi Bahrain.

Hasil tersebut membuat Qatar finis sebagai pemuncak grup walau bersaing di grup berat. Artinya mereka otomatis lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Ternyata di balik keberhasilan Qatar ini ada pemain asal Indonesia yang ikut andil. Adalah Abdurrahman Iwan yang ikut membela Al Annabi.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam ini: Ada Copenhagen vs Manchester City hingga AC Milan vs Chelsea

Melansir dari unggahan di akun Instagram pribadinya, Abdurrahman Iwan membagikan momen bersama Qatar saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

"Lolos ke babak putaran final Piala Asia U-17 2022," tulisnya.

Pemain asal Indonesia, Abdurrahman Iwan yang membela Qatar U-17 dan sukses tembus Piala Asia U-17 2023. (Facebook/Abdurrajman Iwan)

Menyoroti keberhasilan Iwan bersama Qatar, media Vietnam ikut bersuara. Mereka mengatakan bahwa PSSI tampak mengabaikan pemain berusia 16 tahun ini, walau punya darah Indonesia asli.

Baca Juga:
Perbandingan Kick Off Liga 1 dengan Negara Lain di ASEAN, Indonesia Jadi yang Paling Malam

"Hal itu dianggap sebagai konsekuensi serius dari sepak bola Indonesia. Dalam rangka mempersiapkan tim untuk Piala Dunia U-20, Piala AFF 2022, mereka mempercepat naturalisasi pemain, tapi mengabaikan bintang yang 100 persen berdarah Indonesia," tulis laporan The Thao247 disadur pada Selasa (11/10/2022).

Artinya kini Abdurrahman Iwan menjadi satu-satunya pemain asli Indonesia yang bakal bermain di Piala Asia U-17 2023. Sebab, timnas Indonesia U-16 gagal usai kalah telak dari Malaysia.

Baca Juga:
3 Pemain Tertua yang Cetak 100 Gol di Liga Italia, Terkini Edin Dzeko

Load More