Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Berikut daftar pelatih yang bisa menggantikan Shin Tae-yong untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 Kamboja.

Belum lama ini, federasi sepak bola Indonesia, PSSI, mengeluarkan pernyataan mengejutkan yang berkaitan dengan pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Melalui sang ketua umum, Mochamad Iriawan, PSSI berencana mencari pelatih baru untuk Timnas Indonesia U-23 guna melakoni ajang SEA Game 2023 Kamboja.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Futsal Indonesia vs Iran di Piala Asia Futsal 2022 Malam Ini

Timnas Indonesia U-23 sendiri sebelumnya dilatih oleh Shin Tae-yong. Bahkan di SEA Games 2021 Vietnam beberapa waktu lalu, juru taktik asal Korea Selatan itu memimpin skuad Garuda di ajang tersebut.

Namun karena padatnya jadwal Timnas Indonesia di tahun 2023, maka PSSI berencana mencari pengganti Shin Tae-yong untuk SEA Games 2023.

“Tahun depan memang padat, ada SEA Games, lalu Piala Dunia U-20, kita akan diskusikan pasti akan pelatih pengganti,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dalam konferensi pers, Rabu (28/9/2022).

Baca Juga:
Pesan Nova Arianto ke Pemain Timnas Indonesia: Tetap Jadi Teladan di Klub, Jaga Perilaku

Sebagai informasi, di tahun 2023 nanti Shin Tae-yong akan memimpin dua tim, yakni Timnas senior dan Timnas U-20 untuk mengikuti ajang Piala Asia 2023, Piala Asia U-20 2023, dan Piala Dunia U-20.

Melihat kondisi dan rencana tersebut, kira-kira siapa pelatih yang cocok menggantikan Shin Tae-yong untuk SEA Games 2023 nanti? Berikut daftarnya.

1. Jeon Kyung-jun

Baca Juga:
4 Pemain Dicoret, Ini Daftar Terbaru Pemain Timnas Indonesia U-16 untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

Jeon Kyung-jun bisa menjadi pelatih yang ditunjuk PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 guna melakoni ajang SEA Games 2023.

Pria berusia 49 tahun ini merupakan mantan asisten Shin Tae-yong saat masih menukangi Timnas Korea Selatan U-20 dan U-23.

Namanya sendiri bahkan pernah dikait-kaitkan dengan Timnas Indonesia seiring penunjukkan Shin Tae-yong, agar dirinya menjadi asisten untuk skuad Garuda.

Baca Juga:
Blak-blakan, Eks Pemain Vietnam Sebut Shin Tae-yong Lebih Baik dari Park Hang-seo

Pengalamannya dalam menjadi asisten Shin Tae-yong pun bisa menjadi pertimbangan untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 nanti.

2. Dzenan Radoncic

Pelatih Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022, Dzenan Radoncic. (Dok. PSSI)

Asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Dzenan Radoncic juga bisa menjadi pilihan PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023.

Sama seperti Jeon Kyung-jun, dirinya punya kedekatan dengan Shin Tae-yong, yakni pernah menjadi pemain andalan juru taktik asal Korea Selatan itu serta menjadi asisten baginya.

Dengan kedekatan itu, Radoncic bisa dikatakan paham dengan gaya bermain Shin Tae-yong yang perlahan telah dipahami para pemain Indonesia.

Dengan CV tersebut, Radoncic pun bisa menjadi opsi jangka pendek PSSI untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 nanti.

3. Bima Sakti

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, usai meraih trofi juara Piala AFF U-16 2022. (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi)

Bima Sakti merupakan pelatih Timnas Indonesia U-16 saat ini. Meski begitu ia bisa menjadi opsi andai PSSI ingin memiliki pelatih lokal di SEA Games 2023 nanti.

Bima Sakti bisa menjadi opsi untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 karena kematangannya sebagai pelatih, termasuk taktik dan pendekatannya ke pemain.

Tercatat ia pernah menjadi asisten di Timnas U-23 dan juga melatih Timnas U-19 serta Timnas U-16 yang belum lama ini menjadi juara Piala AFF U-16 2022.

Dengan pengalaman tersebut, Bima Sakti bisa menjadi opsi bagi PSSI guna memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 mendatang.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More