Rauhanda Riyantama
Witan Sulaeman bertemu Egy Maulana Vikri di Liga Slovakia (Instagram)

Bolatimes.com - Dereta pemain abroad bakal menghiasi gelaran Piala AFF 2022, tak hanya Indonesia tetapi juga beberapa negara ASEAN memiliki pemain yang berkarier di luar negeri.

Gelaran edisi ke-13 Piala AFF bakal segera dihelat pada tahun 2022 ini, dimulai pada 5 Desember hingga 1 Januari 2023 mendatang.

Sebanyak 10 kontestan akan memeriahkan turnamen sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara ini sejak kali pertama digelar.

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 2023: Shin Tae-yong Pastikan Muhammad Ferarri dan Marselino Ferdinan Jadi Pemain Inti

Menariknya edisi kali ini bakal dimeriahkan dengan sederet pemain abroad dari para kontestan, pemain lokal yang kini meniti karier di luar negeri.

Tak hanya di kancah Asia, tetapi juga Eropa sederet pemain asal 4 tim top ASEAN ini bakal menampilkan permainan terbaik mereka membela negara.

Begini perbandingan pemain abroad 4 tim raksasa ASEAN di Piala AFF 2022, Indonesia memiliki pemain abroad terbanyak.

Baca Juga:
Sebut Marc Klok, Kapten Curacao Mengaku Sudah Kantongi Kekuatan Timnas Indonesia

1. Thailand

Momen Chanatip Songkrasin duel dengan Lionel Messi. (AFP)

Skuat Gajah Perang saat ini memiliki dua pemain yang berstatus sebagai pemain abroad, keduanya juga sudah memiliki nama besar di kancah ASEAN.

Chanatip Songkrasin dan Supachok Serachat, keduanya kini bermain di kasta tertinggi Liga Jepang meski membela dua klub berbeda.

Baca Juga:
Intip Kelebihan dan Kekurangan Curacao Jelang Bentrok Lawan Timnas Indonesia

Chanatip bersama Kawasaki Frontale, sementara Supachok untuk Consadole Sapporo, mereka juga digadang-gadang bakal dipanggil memperkuat Thailand di Piala AFF 2022.

2. Malaysia

Pemain naturalisasi Timnas Malaysia Dion Cools. (dok.https://www.fkjablonec.cz)

Kekuatan Malaysia tidak boleh dianggap remeh, selama beberapa tahun terakhirt Harimau Malaya menjadi rival yang sulit dikalahkan Indonesia.

Baca Juga:
Ranking FIFA Terbaru: Malaysia Melesat usai Kalahkan Thailand, Indonesia Turun Peringkat

Satu pemain abroad milik mereka juga digadang-gadang bakal jadi andalan di Piala AFF 2022 nanti, pemain asal Eropa yang pernah mencicipi kompetisi kasta teratas Benua Biru.

Dion Cools menjadi salah satu pemain yang bakal jadi andalan Malaysia di Piala AFF 2022, penggalang lini bertahan Harimau Malaya.

3. Vietnam

Nguyen Quang Hai gabung klub Prancis Pau FC. (dok.paufc.fr)

Meski statusnya sebagai tim terkuat Asia Tenggara, Vietnam hanya memiliki satu pemain abroad yang berkarier di Prancis.

Nguyen Quang Hai yang baru-baru ini bergabung dengan klub kasta kedua Ligue 2, Pau FC juga disebut bakal menjadi andalan Vietnam dalam turnamen ini.

4. Indonesia

Potret Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman dan Pratama Arhan saat Timnas Indonesia hajar Nepal 7-0 di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Indonesia menjadi tim dengan pemain abroad terbanyak di Piala AFF 2022, setidaknya ada 6 pemain Indonesia yang kini berkarier di luar negeri.

Mulai dari Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman yang berkarier di Liga Slovakia, kemduian Asnawi Mangkualam di Liga Korea.

Selanjutnya Pratama Arhan di Liga Jepang, lalu masih ada Saddil Ramdani di Liga Malayasia dan semua pemain ini direncanakan bakal bermain di Piala AFF 2022.

Kontributor: Eko
Load More