Selasa, 07 Februari 2023
Arif Budi Setyanto : Sabtu, 24 September 2022 | 12:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Shin Tae-yong ternyata sudah cukup akrab dengan sepak bola Indonesia sebelum ia menangani tim Garuda. Sebab, ia pernah menghadapi timnas Indonesia pada tahun 1991 silam.

Sebelum menjadi pelatih, Shin Tae-yong diketahui berkarier sebagai pesepak bola profesional. Ia sempat bermain dengan Ilhwa Chunma FC (sekarang Seongnam FC) dan Brisbane Roar.

Bukan hanya itu, di level internasional Shin Tae-yong punya catatan 23 caps. Ia juga sempat merasakan bermain di level junior U-23.

Menariknya ketika membela Korea Selatan U-23, Shin Tae-yong ternyata pernah bertanding dengan timnas Indonesia U-23. Momen itu terjadi pada 24 Maret 1991 silam.

31 tahun berselang, foto lawas Shin Tae-yong ketika berhadapan dengan timnas Indonesia U-23 kini viral. Potret itu dibagikan oleh akun Twitter @Mah5Utari.

Pada potret yang dibagikannya tersebut, Shin Tae-yong terlihat berduel dengan pelatih Persebaya Surabaya saat ini, yaitu Aji Santoso.

Pertandingan timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan itu sebagai ajang persiapan untuk Olimpiade 1992. Pasalnya skuad Garuda Muda akan bertemu dengan negara Asia Timur lain, yakni Jepang, Taiwan, dan Hong Kong.

Shin Tae-yong berduel dengan Aji Santoso. (Twitter/@Mah5Utari)

Maka dari itu, timnas Indonesia U-23 menggelar pertandingan uji coba menghadapi Korea Selatan. Hasilnya tim dari Negeri Gingsen menang telak dengan skor 5-0 dan Shin Tae-yong menyumbangkan dua gol.

Foto lawas ini pun akhirnya menjadi sorotan warganet di media sosial. Sebab, pelatih berusia 52 tahun ini ternyata pernah bertemu Indonesia di masa lalu.

Akan tetapi, kini Shin Tae-yong bak pahlawan di timnas Indonesia. Berkat tangan dinginnya, perfoma skuad Garuda bisa membaik.

Nyatanya tim senior mampu menembus Piala Asia 2023 mendatang. Raihan itu juga didapatkan tim U-19 yang lolos dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sementara itu, ini bukan pertama kali foto jadul Shin Tae-yon viral. Sebelumnya potret lawasnya menjadi sorotan ketika berduel dengan bek legenda Persib Bandung, Robby Darwis.

BACA SELANJUTNYA

Pemain Timnas Indonesia U-20 Belum Semua Berlatih, Ketua PSSI Bicara soal Keyakinannya dengan Shin Tae-yong