Rauhanda Riyantama | Arif Budi Setyanto
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai lolos ke Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-19 menang dramatis dari Vietnam dengan skor 3-2 dalam matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (19/8/2022) di Stadio Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Dalam laga ini, timnas Indonesia U-19 awalnya berhasil unggul lewat gol apik Marselino Ferdinan dari tendangan luar kotak penalti di menit ke-60. Sayangnya tak lama kemudian Muhammad Ferrari own goal pada menit ke-66.

Skor 1-1 membuat Shin Tae-yong kemudian mengganti pemain di menit ke-77. Pelatih asal Korea ini sekaligus memasukkan tiga nama, yakni Rabbani Tasnim, Beri Santoso, dan Alfriyanto Nico.

Baca Juga:
Akhirnya Bisa Kalahkan Vietnam, Shin Tae-yong Berterima Kasih ke Pemain Timnas Indonesia U-19

Meski begitu, setelah tiga pergantian pemain dilakukan, Vietnam malah mencetak gol via Dinh Xuan Tien yang memanfaatkan serangan balik cepat.

Timnas Indonesia U-19 tidak menyerah begitu saja. Pada menit ke-82 Muhammad Ferrari menebus kesalahannya dengan mencetak gol penyeimbang 2-2 lewat tandukan kepala.

Alhasil gol kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Rabbani Tasnim yang memanfaatkan bola muntah hasil tendangan dari Alfriyanto Nico. Skor 3-2 pun berakhir untuk kemenangan timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:
Stadion GBT Riuh! Suporter Elukan Nama Shin Tae-yong usai Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Vietnam

Berhasil menang, perubahan tiga pemain yang dilakukan Shin Tae-yong menjadi sorotan. Ketika ditanya soal apakah pergantian itu menjadi kunci kemenangan, pelatih asal Korea Selatan itu tak menampiknya.

"Memang pendapatnya sama. Starting awal sangat bekerja keras dan fisiknya menurun di babak kedua. Sebagai seorang pelatih ada insting dalam pertandingan, jadi itu pas saya mengganti pemain dan percaya dengan ketiganya, sehingga kita dapat meraih kemenangan," ucap Shin Tae-yong setelah pertandingan.

Adapun kemenangan timnas Indonesia U-19 membuat Marselino Ferdinan cs berhasil menjadi juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Artinya Garuda Nusantara sudah memastikan satu tiket untuk lolos dari kualifikasi.

Baca Juga:
Perjuangan Tanpa Lelah, Timnas Indonesia U-19 Hancurkan Vietnam 3-2 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Load More