Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekannya usai mencetak gol ke gawang Timnas Hong Kong U-19 pada pertandingan babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023 Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022). (ANTARA FOTO/Moch Asim/rwa)

Bolatimes.com - Klasemen terbaru Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, di mana Timnas Indonesia U-19berhasil merebut posisi puncak dari tangan Vietnam. Hasil ini didapat usai mengalahkan Hong Kong 5-1 semalam, Jumat (16/9/2022).

Timnas Indonesia U-19 berhasil merengkuh poin penuh dalam matchday kedua Grup F usai membantai Hong Kong dengan skor telak 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Gol-gol Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan ini dicetak Rabbani Tasnim (9’), Alfriyanto Nico (21’), Zanadin Fariz (42’) dan Marselino Ferdinand (85’ dan 89’). Sementara Hong Kong cuma mampu membelas satu gol lewat sang kapten, Chen Ngo Hin pada menit ke-62.

Baca Juga:
Serukan Balas Dendam ke Vietnam dan Minta Suporter Penuhi Stadion GBT, Shin Tae-yong: Saksikan Kemenangan Indonesia

Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-19 memuncaki klasemen Grup F meski di matchday kedua lainnya, Vietnam berhasil membantai Timor Leste 4-0.

Koleksi poin Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam sejatinya sama yakni enam. Sementara jumlah selisih gol kedua negara juga identik yakni mencetak sembilan gol dan kebobolan satu gol.

Lalu, apa yang menyebabkan Timnas Indonesia U-19 berhak memuncaki klasemen Grup F dibanding Vietnam?

Baca Juga:
Manajer Timnas Indonesia U-19 Ungkap Kondisi Terkini Cahya Supriadi yang Sempat Tak Sadarkan Diri di Lapangan

Merujuk regulasi kompetisi Piala AFF U-20 2023, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menentukan posisi klasemen tak hanya dari jumlah poin, gol dan head-to-head. Terdapat juga hitung-hitungan kedisiplinan yakni perihal jumlah kartu kuning dan merah yang didapat masing-masing tim.

Dalam regulasi AFC, tim yang mendapat kartu kuning akan terkena poin disiplin satu angka, sementara kartu merah akibat dua kartu kuning adalah tiga angka, sedangkan kartu merah langsung berjumlah empat poin.

Dari penjelasan itu, Timnas Indonesia U-19 berhak memuncaki klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dibanding Vietnam.

Baca Juga:
Hasil Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Pesta Gol, Timnas Indonesia U-19 Taklukkan Hong Kong 5-1

Garuda Nusantara untuk sementara baru mendapatkan satu kartu kuning, sementara Vietnam hingga matchday kedua rampung, sudah mengoleksi tiga kartu kuning.

Penentuan pemuncak Grup F sendiri baru bisa diketahui saat TImnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam dalam matchday ketiga yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu (18/9/2022) malam WIB.

Berikut klasemen terbaru Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 hingga matchday kedua.

Baca Juga:
Momen Cahya Supriadi Dibawa Ambulans usai Alami Benturan di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

  1. Timnas Indonesia U-19 (6 Poin, Selisih Gol +8)
  2. Timnas Vietnam U-19 (6 Poin, Selisih Gol +8)
  3. Timnas Hong Kong U-19 (0 Poin, Selisih Gol -8)
  4. Timnas Timor Leste U-19 (0 Poin, Selisih Gol -8)

Load More