Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Penampakan Jakarta International Stadium (JIS) yang pembangunannya sudah mencapai 98 persen. (Suara.com/Fakhri)

Bolatimes.com - PSSI buka suara terkait alasan menggunakan stadion di luar Jakarta untuk menggelar sejumlah turnamen internasional. Salah satunya adalah soal biaya sewa.

Sebagaimana diketahui, PSSI menggunakan stadion gratisan yang disediakan pemerintah ketimbang harus membayar sewa mahal. Nantinya uang operasional tersebut bisa dialihkan menjadi bonus untuk pemain.

Sebagai contoh, PSSI memakai Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September secara cuma-cuma alias gratis. Dari mulai biaya sewa stadion hingga operasional ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah setempat.

Baca Juga:
5 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak ke Timnas Indonesia U-19, Persija Paling Banyak

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah Grup F kejuaraan tersebut. Dalam grup tersebut berisi Timnas Indonesia U-20, Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Selain di Surabaya, di beberapa kejuaraan sebelumnya, Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengaku pihaknya dapat pelayanan dari pemerintah setempat yang luar biasa. Seperti saat menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 2022 (Sleman) dan Piala AFF U-19 2022 di Bekasi.

"Dari pada kita bayar mahal mending kita bisa kasih bonus untuk anak-anak (pemain). Di GBT (Kualifikasi Piala Asia) U-20 gratis kita pake stadion, mending di sana, enak. Duitnya bisa kita pake untuk operasional dan bonus pemain timnas," kata Yunus Nusi kepada awak media.

Baca Juga:
Jadwal Liga Champions Malam Ini: Ada Liverpool vs Ajax Amsterdam, Bayern Munich vs Barcelona

"Tapi ini, juga dalam rangka pemerataan juga bahwa timnas kalau perlu main juga di Sumatera dan Kalimantan. Mungkin juga dengan Sulawesi, tapi ini kalau memungkinkan," sambungnya.

Lantas, bagaimana dengan Jakarta? Yunus tidak memberikan komentar secara gamblang. Ia menyebut dua venue megah yang ada di ibu kota yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan Jakarta International (JIS) tak bisa dipakai.

SUGBK sedang dalam tahap renovasi. Sementara JIS disebut PSSI belum layak menggelar pertandingan berlevel internasional.

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 2022 Pekan ke-10: Ada Bhayangkara FC vs Borneo FC hingga Persija Jakarta vs Madura United

"Kan pertama SUGBK belum bisa kami pakai, masih direnovasi. JIS juga demikian, sekelas Persija saja enggak di sana," sambungnya.

Sementara untuk laga FIFA matchday Timnas Indonesia vs Curacao pada 24 September mendatang, PSSI disebut juga mendapat dukungan dari pemerintah setempat. Sehingga laga bisa berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Nah, untuk pertemuan kedua pada 27 September mesih belum ditentukan. Setelah dipastikan JIS klaim PSSI tak layak, muncul opsi Stadion Pakansari (Bogor), Patriot Candrabhaga (Bekasi) dan Wibawa Mukti (Cikarang).

Baca Juga:
Media Vietnam 'Terancam' dengan Skuad Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

"Untuk 27 (September) sementara tim kami ini di Wibawa Mukti sama ke Pakansari. Sejauh ini masih akan diproses tentang salah satunya katanya ada banjir (di lapangan Pakansari)," terangnya.

"Saya sudah sampaikan untuk tim infrastruktur PSSI kalau perlu PSSI yang membiayai untuk supaya selokan atau parit yang buntu dalam rangka mempercepat proses drainase, PSSI akan membiayai," pungkasnya.

Load More