Arif Budi Setyanto
Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. (Karim Sahib / AFP)

Bolatimes.com - Indonesia disebutkan menjadi kandidat terlemah dari tiga calon tuan rumah Piala Asia 2023. Korea Selatan dan Qatar dianggap akan bersaing untuk menggantikan China.

Piala Asia 2023 awalnya diselenggarakan di China. Akan tetapi, Negeri Tirai Bambu itu mundur sebagai tuan rumah karena kendala Covid-19.

Australia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar lantas mengajukan diri ke pihak AFC sebagai pengganti China untuk tuan rumah Piala Asia 2023 mendatang. Namun kemudian di tengah jalan Negeri Kanguru mundur.

Baca Juga:
Rival Timnas Indonesia U-19, Berikut Daftar Pemain Vietnam U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Alhasil kini hanya tiga negara yang menjadi calon untuk tuan rumah Piala Asia 2023. Dari tiga calon yang ada, Indonesia disebut jadi kandidat terlemah, sedangkan Korea dan Qatar saling berebut.

"AFC melakukan inspeksi pertama di Indonesia. Delegasi melakukan inspeksi terperinci terhadap kondisi lapangan, horel, dan lalu lintas," tulis laporan Sohu dinukil pada Senin (12/9/2022).

"Perlombaan (tuan rumah) kemungkinan akan menjadi antara Korea dan Qatar. Kedua negara punya fasilitas yang sangat baik," sambungnya.

Baca Juga:
Geger Pemain Naturalisasi Disebut Minta Bayaran untuk Perkuat Timnas Malaysia

Selebrasi Elkan Baggott bersama rekan-rekan Timnas Indonesia usai membantai Nepal. (Dok. PSSI)

Lebih lanjut, Qatar disebut punya orang dalam yang dikabarkan bisa memuluskan jalannya untuk menggelar Piala Asia 2023. Terlebih mereka juga sudah mennjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 ini.

"Pihak Qatar memiliki keunggulan khusus, yakni Federasi Sepak Bola mereka punya suara di Dewan Eksekutif AFC yang terdiri dari 27 anggota. Qatar kemungkinan besar akan memenangkan suara Dewan AFC karena mereka bakal mendapat suara dari negara tetangga," lanjutnya.

Sementara itu, timnas Indonesia memang sudah memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023. Maka dari itu, PSSI mengejar untuk jadi tuan rumah agar timnas Garuda bisa masuk pot 1 dan punya keunggulan.

Baca Juga:
Tanggapan Persija Jakarta usai Akun Twitter Diserang Hacker

Load More