Arif Budi Setyanto
Trofi Piala Asia (AFC) dalam pertandingan sepak bola final Piala Asia 2019 antara Jepang vs Qatar di Stadion Zayed Sports City di Abu Dhabi pada 1 Februari 2019. (Karim Sahib / AFP)

Bolatimes.com - Korea Selatan mengklaim bahwa pihak AFC akan memilih mereka dalam penentuan tuan rumah Piala Asia 2023. Artinya Indonesia bisa gagal dan bakal menghadapi situasi sulit.

Piala Asia 2023 sebelumnya dijadwalkan di China. Namun, Negeri Tirai Bambu tersebut harus mundur karena kasus Covid-19 di sana masih tinggi.

Alhasil AFC kemudian membuka kesempatan bagi para kontestan untuk mengajukan diri menjadi tuan rumah. Australia, Indonesia, Korea Selatan, dan Qatar kemudian mengajukan diri.

Baca Juga:
Wajib Tahu, Ini Pengertian Diving dalam Sepak Bola

Akan tetapi, di tengah jalan ternyata Australia mundur dari pencalonan tuan rumah Piala Asia 2023. Ini membuat peluang Indonesia untuk jadi host semakin terbuka.

Bahkan pihak AFC juga sudah melakukan inspeksi terkait lapangan serta fasilitas sarana dan prasarana di Indonesia pada 1-4 September 2022.

Meski begitu, Korea kemudian memberikan klaim serius soal tuan rumah Piala Asia 2023. Seorang pejabat senior Negeri Gingseng menegaskan bahwa AFC pasti akan memilih negaranya mengalahkan Indonesia dan Qatar.

Baca Juga:
Intip Bayaran Wasit dan Asisten Wasit di Liga Inggris, Jumlahnya Fantastis!

Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

"100 persen AFC akan memilih Korea untuk menjadi tuan rumah putaran final Piala Asia 2023. Kami mendapat dukungan kuat dari para pemimpin di semua tingkatan," ucap pejabat tersebut dikutip dari Yonhap News.

Dalam laporan yang sama, Korea akan mengundang tujuh duta besar untuk mempersiapkan promosi Piala Asia 2023 mendatang, termasuk dua legenda sepak bola mereka, yaitu Lee Young-pyo dan Hwang Sun-hong.

Jika klaim Korea benar, maka Indonesia dirugikan andai tidak menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Sebab tim Garuda berpotensi menghadapi negara kuat karena akan berada di pot 4.

Baca Juga:
Bikin Haru, Momen Richarlison Menangis di Pelukan Sang Ayah usai Borong Dua Gol Kemenangan Tottenham di Liga Champions

Sementara itu, klaim dari pejabat Korea tersebut masih belum benar. Pasalnya AFC akan mengumumkan siapa tuan rumah Piala Asia 2023 secara resmi pada 17 Oktober 2022.

Load More