Arif Budi Setyanto
Selebrasi Elkan Baggott usai menjebol gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan, Elkan Baggott dan Sandy Walsh, diprediksi oleh media Vietnam bakal absen membela timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Sebab, turnamen antarnegara ASEAN ini tidak masuk agenda FIFA.

PSSI saat ini sedang mengebut proses naturalisasi pemain keturunan agar segera membela timnas Indonesia. Dua nama, yaitu Jordi Amat dan Sandy Walsh sudah mendapatkan persetujuan DPR RI untuk dinaturalisasi.

Kedua pemain keturunan ini pun disinyalir bisa bermain di FIFA Matchday September ketika skuad Garuda menjamu Curacao.

Baca Juga:
Kitman Persib Bandung Meninggal Dunia, Eks Chelsea Kirim Duka Mendalam

Di sisi lain, proses Shayne Pattynama juga akan dikebut. Pasalnya, berkas pemain Viking FK ini sudah masuk ke Setneg.

Artinya jika rampung sesuai jadwal, timnas Indonesia akan diperkuat empat pemain keturunan, yaitu Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Akan tetapi, dua dari empat pemain itu diprediksi bakal absen ketika Piala AFF 2022.

Sandy Walsh. (Instagram/@sandywalsh)

Menurut artikel Soha.vn Elkan Baggott dan Sandy Walsh adalah dua pemain yang bakal absen karena ketika Piala AFF 2022 digelar, mereka masih harus membela klub masing-masing.

Baca Juga:
Hasil Liga 1 2022: Privat Mbarga Cetak Gol, Bali United Kalahkan Persebaya Surabaya 1-0

"Sandy Walsh berisiko absen, meski bersiap menyelesaikan prosedur untuk membela Indonesia. Ketika Piala AFF berlangsung, pemain ini masih bermain di Liga Belgia, sehingga sulit bagi tim untuk melepaskan pilarnya karena Piala AFF tidak masuk kompetisi FIFA," tulis laporan Soha.vn dinukil pada Jumat (2/9/2022).

"Begitu pula dengan bek Elkan Baggott, di mana Gillingham FC memiliki jadwal yang padat di League Two pada Desember 2022 mendatang," sambung laporan itu.

Artinya hanya Shayne Pattynama dan Jordi Amat yang bisa membela timns Indoensia. Sebab, klub tempat mereka bernaung tidak mempunyai jadwal pertandingan ketika Piala AFF 2022 berlangsung.

Baca Juga:
Awalnya di Irak, AFC Pindahkan Venue Tuan Rumah Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Adapun timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang antara Brunei Darussalam melawan Timor Leste.

Load More