Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Sandy Walsh dan Jordi Amat pamer jersey Timnas Indonesia saat bertemu dengan Hasani Abdulgani. (Instagram/hasaniabdulgani)

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan, Sandy Walsh dan Jordi Amat sebenar lagi menjad WNI dan bisa membela Timnas Indonesia. Kabar ini membuat gelandang tim Garuda, Marc Klok ikut senang.

Seperti diketahui, proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat telah melalui DPR. Komisi III dan X telah setuju dengan permintaan naturalisasi kedua pemain ini.

Kini proses tinggal menunggu Keputusan Presiden lalu menjalani sumpah sebagai WNI di Kemenkumham. Setelah itu, Sandy Walsh dan Jordi Amat resmi punya KTP Indonesia.

Baca Juga:
Australia Mundur, Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023 Terbuka Lebar

Proses naturalisasi ketiganya diharapkan bisa rampung jelang timnas Indonesia hadapi Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Klok berharap Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa memberikan yang terbaik buat timnas Indonesia.

“Saya senang untuk mereka bergabung dengan kami. Semoga mereka adaptasi dengan baik, kasih yang terbaik untuk negara ini,” kata Marc Klok kepada awak media, Kamis (1/9/2022).

Klok sadar betul proses yang dilalui Jordi Amat dan Sandy Walsh tidaklah mudah. Pasalnya, eks pemain Persija Jakarta itu pernah merasakan hal serupa.

Baca Juga:
5 Alasan Shin Tae-yong Bisa Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Terlebih, Klok harus menunggu cukup lama bisa bermain di tim nasional meski sudah resmi menyandang status WNI. Pasalnya, secara federasi perpindahan Klok belum diakui FIFA.

"Mereka punya proses tidak mudah juga untuk naturalisasi, saya tahu semua, dan saya banyak bicara sama mereka," terang Klok.

"Saya senang akhirnya hampir selesai dan mereka bisa bergabung, kasih yang terbaik untuk timnas dan untuk negara ini," pungkasnya.

Baca Juga:
Hasil Japan Open 2022: Fajar/Rian Tumbang, Ganda Putra Indonesia Habis

Load More