Rauhanda Riyantama
Aksi Asnawi Mangkualam saat laga Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. AFF)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand di babak grup Piala AFF 2022 pada akhir tahun mendatang.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan tergabung di grup A bersama dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang Playoff antara Brunei Darussalam vs Timor Leste.

Timnas Indonesia tergabung grup tersebut usai menjalani Drawing yang digelar AFF selaku penyelenggara pada Selasa (30/8) siang WIB.

Baca Juga:
Japan Open 2022: Jonatan Christie Bongkar Kunci Kalahkan Wakil Belanda di Babak Pertama

Bergabungnya Timnas Indonesia di grup A ini banyak disyukuri berbagai pihak. Sebab, tim Merah Putih terhindar dari rival-rivalnya seperti Vietnam dan Malaysia.

Meski demikian, Timnas Indonesia tak bisa memandang sepele lawan-lawannya di grup A. Salah satunya karena kehadiran Thailand yang memang punya rekor apik saat melawan tim Merah Putih.

Thailand punya rekam jejak mentereng saat melawan Timnas Indonesia. Bahkan di final Piala AFF 2020 lalu, tim Merah Putih harus menyerah dengan agregat 2-6 dari rivalnya itu.

Baca Juga:
Singkirkan Peringkat Dua Dunia di Japan Open 2022, Chico Aura Dwi Wardoyo: Alhamdulillah

Meski begitu, ada sederet alasan mengapa Timnas Indonesia bisa mengalahkan Thailand nantinya di grup A Piala AFF 2020 kelak.

Apa saja alasan tersebut?

Aksi Dedik Setiawan saat pertandingan Indonesia vs Thailand di final Piala AFF 2020. (Dok. PSSI)

1. Bermain di Kandang

Baca Juga:
Tumbang Lawan Southampton, Thomas Tuchel Ngamuk Sebut Bek Chelsea Terlalu Lembek

Piala AFF 2022 ini akan menggunakan format berbeda, di mana penyelenggaraannya tak akan menggunakan format tuan rumah.

Nantinya setiap pertandingan di fase grup Piala AFF 2022 akan menggunakan format dua laga kandang dan dua laga tandang.

Beruntung bagi Timnas Indonesia, laga kontra Thailand nanti akan digelar di Tanah Air. Dengan dukungan masif dari suporternya, tim Merah Putih pun diyakini bisa mengalahkan tim Gajah Perang.

Baca Juga:
Soroti Kualitas Rumput, FIFA Berencana Kurangi Stadion untuk Venue Piala Dunia U-20 2023

2. Hadirnya Para Pemain Naturalisasi

Di Piala AFF 2022 nanti, Timnas Indonesia akan mendapat tambahan kekuatan, yakni dari para pemain naturalisasi.

Setidaknya ada tiga pemain naturalisasi yang prosesnya diyakini akan usai sebelum Piala AFF 2022 nanti, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Hadirnya tiga pemain naturalisasi ini akan memberi kekuatan bagi Timnas Indonesia di fase grup, terutama saat menghadapi Thailand.

3. Misi Balas Dendam

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memiliki hasrat untuk membalaskan dendamnya atas Thailand di Piala AFF 2022 nanti.

Dendam itu lahir usai Timnas Indonesia dikalahkan Thailand di final Piala AFF 2020 lalu, dengan agregat skor cukup telak, yakni 2-6.

Demi bisa lolos dari fase grup dengan mudah, Timnas Indonesia mau tak mau harus membalaskan dendamnya atas Thailand tersebut.

4. Thailand Kekurangan Amunisi

Di Piala AFF 2022 nanti, Thailand diprediksi tak akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Hal ini menyusul hadirnya rumor bahwa sang bintang, Chanathip Songkrasin tak akan ambil bagian.

Dari rumor yang beredar, Chanathip tak akan berpartisipasi di Piala AFF 2022 karena memilih beristirahat usai menjalani musim melelahkan bersama Kawasaki Frontale.

Absennya Chanathip yang berstatus bintang sekaligus playmaker Thailand sendiri akan menjadi nilai plus bagi Timnas Indonesia saat bertemu Gajah Perang kelak.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More