Irwan Febri Rialdi
Potret selebrasi pemain Timnas Indonesia usai bobol gawang Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Instagram/pssi)

Bolatimes.com - Tak hanya publik pencinta sepak bola di Tanah Air, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga merasa bingung saat timnya masuk pot ketiga pada babak undian grup Piala AFF 2022.

Dalam babak undian yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Selasa (30/8/2022), timnas Indonesia di pot ketiga bersama Singapura.

Sementara itu, pot pertama dihuni Thailand dan Vietnam, lalu pot kedua ditempati Malaysia dan Filipina. Adapun pot keempat dihuni Myanmar dan Kamboja, serta pot kelima ada Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan dan 5 Pemain Persija Belum Gabung TC Timnas U-19, Shin Tae-yong Maklum

Saat mengetahui bahwa timnya tergabung di pot ketiga pada undian ini, Shin Tae-yong sempat merasa bingung. Sebab, pada edisi sebelumnya, skuad Merah Putih sukses melenggang ke final Piala AFF 2020.

Namun demikian, Shin Tae-yong akhirnya merasa paham setelah mendapatkan penjelasan dari PSSI mengapa timnas Indonesia tergabung di pot ketiga.

"Awalnya saya bingung kenapa Indonesia berada di pot ketiga pada drawing ini, namun setelah dijelaskan bahwa penilaiannya dari dua event AFF sebelumnya jadi baru paham," ujar Shin Tae Yong seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Cedera Punggung, Alasan Anthony Ginting Mundur dari Japan Open 2022

"Saya akan mempersiapkan Timnas Indonesia dengan baik serta maksimal agar meraih juara Piala AFF 2022," ia melanjutkan.

Lalu, mengapa timnas Indonesia harus tergabung di pot ketiga pada babak undian penyisihan grup Piala AFF 2022 meski sebelumnya lolos ke final?

Alasan Indonesia Masuk Pot 3 di Undian Piala AFF 2022

Baca Juga:
Pantau Liga 1, Shin Tae-yong Temukan Beberapa Pemain Baru yang Akan Dipanggil ke Timnas Indonesia

Ternyata, AFF memiliki perhitungan tersendiri dalam menentukan pembagian pot undian grup yang digunakan dalam Piala AFF 2022.

Sebagai informasi, penempatan pot mengikuti pencapaian masing-masing tim pada dua edisi Piala AFF sebelumnya. Itulah alasannya, Indonesia hanya tergabung di pot ketiga.

Sebab, Thailand dan Vietnam memiliki pencapaian yang lebih baik ketimbang Indonesia jika melihat prestasi yang ditorehkan kedua tim ini pada dua edisi Piala AFF sebelumnya.

Baca Juga:
Breaking News! Anthony Ginting Mundur dari Japan Open 2022

Thailand, misalnya, berstatus sebagai semifinalis Piala AFF 2018 dan juga jawara Piala AFF 2020. Sementara itu, Vietnam berstatus sebagai tim yang sukses menjadi juara pada edisi 2018 dan semifinalis Piala AFF 2020.

Pencapaian ini memang terhitung lebih baik ketimbang Indonesia yang sempat menjadi finalis Piala AFF 2020. Sebab, pada Piala AFF 2018, skuad Garuda gagal lolos dari fase grup.

Perhitungan inilah yang membuat Indonesia hanya bisa tergabung di pot ketiga pada undian fase penyisihan grup Piala AFF 2022.

Sementara itu, hal yang sama juga berlaku bagi Malaysia. Meskipun berstatus sebagai runner-up Piala AFF 2018, tapi pada edisi 2020 mereka gagal lolos dari fase penyisihan grup.

Adapun timnas Filipina pada Piala AFF 2018 sukses lolos ke semifinal dengan status sebagai runner-u Grup B. Sayangnya, pada fase semifinal, mereka tumbang dengan agregat 2-4 dari Vietnam.

Sedangkan pada Piala AFF 2020, Filipina gagal lolos ke semifinal karena hanya mampu duduk di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More