Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). Timnas Indonesia memulai pemusatan latihan sebagai persiapan jelang laga FIFA Match Day Timnas Indonesia vs Bangladesh pada Rabu, 1 Juni di Bandung dan kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar pada 8-14 Juni di Kuwait. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong menyinggung sejumlah pemain yang belum bergabung ke TC timnas untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, termasuk Marselino Ferdinan.

Marselino Ferdinan dan lima pemain muda Persija Jakarta belum bisa merapat karena masih mengikuti agenda tim di Liga 1 2022/2023.

Shin Tae-yong berusaha memaklumi hal itu. Meski berharap keenamnya bisa segera bergabung karena akan sangat membantu tim.

Diketahui, Timnas Indonesia U-19 sedang melangsungkan TC yang dimulai sejak 25 Agustus lalu. Sebanyak 36 pemain dipanggil dalam pemusatan latihan ini.

Namun, baru 30 pemain yang merapat sampai dengan hari keenam latihan. Selain Marselino, lima pemain Persija juga belum hadir yakni Cahya Supriadi, Muhammad Ferarri, Ginanjar Wahyu, Frengky Missa, dan Alfriyanto Nico.

"Secara pribadi saya mau mereka datang dari awal. Tapi ada masalah di tim masing-masing," kata Shin Tae-yong saat ditemui di Lapangan A, Selasa (30/8/2022) sore.

Memang, pemain-pemain yang belum bergabung ini menjadi andalan timnya masing-masing di Liga 1 2022/2023. Seperti diketahui, Marselino Ferdinan posisinya tak tergantikan di lini tengah Persebaya.

Begitu juga dengan Ferarri yang akhir-akhir ini kerap dipercaya menjadi starter di Persija. Sama halnya dengan Frengky Missa, Alfriyanto Nico, dan Ginanjar Wahyu yang sesekali diturunkan oleh Pelatih Thomas Doll.

Hanya Cahya Supriadi dari Persija yang belum mendapat kesempatan tampil karena harus bersaing dengan Andritany Ardhiyasa di pos penjaga gawang. Namun, Cahya masih dibutuhkan untuk mengantisipasi cedera Andritany.

"Jadi saya bisa memahami. Sejauh ini tidak ada masalah besar," pungkas Shin Tae-yong yang merupakan mantan juru formasi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia U-19 sedang disiapkan untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September mendatang. Indonesia selaku tuan rumah berada di Grup F bersama Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.

Semua pertandingan Grup F akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada 14 September, kemudian Hong Kong dua hari kemudian dan Vietnam pada 18 September.

Total 44 negara mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang dibagi ke dalam 10 grup. Semua juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 AFC 2023 bersama tuan rumah Uzbekistan.

Load More