Rauhanda Riyantama
Jordi Amat (layar bagian bawah) dan Sandy Walsh (layar sebelah kiri) mengikuti rapat kerja antara Komisi III DPR dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Hukum dan HAM, serta PSSI di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (29/8/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Dua pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, membuktikan kesungguhannya menjadi WNI dengan memamerkan hafalan Pancasila saat mengikuti rapat kerja Komisi III DPR RI.

Pada agenda tersebut, Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja bersama Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM), dan diikuti pula oleh PSSI untuk membahas pemberian warga negara Indonesia kepada Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Saat mengikuti rapat kerja tersebut, Sandy Walsh dan Jordi Amat turut memamerkan kemampuan berbahasa Indonesianya meski masih terbatas.

Baca Juga:
Wamenkumham Sebut Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Lebih Spesial, Kenapa?

Bahkan, saat diminta Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Sandy Walsh dan Jodi Amat mampu mengucapkan lima sila dalam Pancasila.

“Kami persilakan Jordi (Amat) dan Sandy (Walsh), kamu ngomong bahasa Indonesia atau Pancasila,” kata Mochamad Iriawan kepada dua pemain tersebut yang hadir secara virtual.

Permintaan Ketua Umum PSSI tersebut langsung direspons Sandy Walsh. Dia mengatakan bahwa dirinya mampu berbicara menggunakan bahasa Indonesia meski terbatas.

Baca Juga:
Hasil Undian Fase Grup Piala AFF 2022: Indonesia Segrup dengan Thailand dan Filipina

Sontak, kemampuan Sandy mengucapkan lima silat yang menjadi Dasar Negara itu disambut dengan tepuk tangan meriah, baik oleh PSSI maupun para anggota Komisi III DPR RI.

Tak lama setelah itu, giliran Jordi Amat yang juga tak ingin ketinggalan untuk memamerkan kemampuannya mengucapkan Pancasila.

Baca Juga:
Kebobolan 18 Gol, Ini 3 Hal yang Perlu Dibenahi dari Pertahanan Persib Bandung

Sama seperti respons sebelumnya, pemain kelahiran Spanyol ini juga mendapat tepuk tangan meriah dari seluruh pihak yang mengikuti agenda rapat kerja tersebut.

Sebagai informasi, Komisi III DPR RI juga telah memberikan persetujuan atas permohonan naturalisasi PSSI terhadap dua pemain keturunan tersebut.

Bambang Wuryanto, yang berstatus sebagai Ketua Komis III DPR RI, menyimpulkan pertimbangan institusinya memberikan kewarganegaraan kepada dua pemain tersebut.

Baca Juga:
Hasil Japan Open 2022: Susah Payah Bungkam Wakil Malaysia, Kevin/Marcus ke 16 Besar

“Untuk kali ini, kami tawarkan sekali lagi kepada Komisi III apakah dapat menyetujui permohonan Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk menjadi warga negara Indonesia,” kata Bambang.

Seluruh anggota Komisi III pun menyambut pertanyaan tersebut dengan ‘Setuju’, lalu diikuti ketukan palu oleh Bambang Wuryanto yang menjabat sebagai ketua siding.

Kontributor: Muh Adif Setyawan
Load More