Irwan Febri Rialdi
Pemain muda Persib Bandung, Robi Darwis. (Dok. Persib)

Bolatimes.com - Berikut profil Robi Darwis, salah satu pemain muda yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 akan melakoni Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 mendatang sebagai tuan rumah grup F.

Timnas Indonesia U-19 sendiri tergabung di grup F sebagai tuan rumah dan akan menghadapi Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste.

Baca Juga:
Kejuaraan Dunia 2022: Ahsan/Hendra Tak Menyangka Bisa Lolos ke Semifinal

Mengingat hanya ada juara grup dan lima runner up terbaik yang akan lolos ke putaran final, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-19 memanggil para putra terbaik bangsa.

Total ada 36 nama yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk melakoni TC sejak 25 Agustus kemarin hingga 7 September 2022 mendatang.

Dari 36 nama yang dipanggil, setidaknya ada 3 pemain Persib Bandung yang ikut, di mana salah satunya adalah Robi Darwis.

Baca Juga:
Dipanggil ke TC Timnas U-19, Dejan Antonic Sebut Striker Muda Ini akan Jadi Superstar

Robi Darwis bersama dengan Kakang Rudiyanto dan Ferdiansyah akan bersaing dengan 33 nama lainnya agar terpilih dalam skuad untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Dari 3 nama ini, mungkin nama Robi Darwis yang menjadi pusat perhatian. Wajar saja dirinya menjadi pusat perhatian mengingat namanya yang mirip dengan legenda Persib, Robby Darwis.

Meski begitu, Robi Darwis bukanlah anak dari Robby Darwis. Bahkan ia tak punya hubungan darah dengan legenda Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga:
Sudah 36 Nama, Shin Tae-yong Panggil Satu Pemain Lagi ke TC Timnas Indonesia U-19, Posisi Striker

Lantas, siapakah sosok Robi Darwis tersebut? Berikut profilnya.

Profil Robi Darwis yang Dipanggil TC Timnas Indonesia U-19

Robi Darwis merupakan pemain muda milik Persib Bandung yang baru berusia 19 tahun. Ia sendiri lahir di Cianjur pada 2 Agustus 2003.

Baca Juga:
Kenang Kekalahan 2019, Fajar/Rian Bertekad Balas Dendam kepada The Daddies di Semifinal Kejuaraan Dunia 2022

Adapun untuk posisinya dalam bermain, Robi Darwis menempati posisi gelandang bertahan atau pemutus serangan lawan.

Ia sendiri menimba ilmu di akademi Persib Cimahi. Meski begitu, Robi Darwis pernah mencicipi penampilan di level profesional bersama Bandung United yang tak lain tim satelit Persib di Liga 3.

Bersama Bandung United di Liga 3, Robi Darwis mengoleksi 12 penampilan dengan mencatatkan 977 menit bermain.

Usai menimba ilmu di Bandung United, Robi Darwis kemudian menjadi salah satu dari 3 pemain muda yang dipromosikan Robert Rene Alberts ke skuad utama Persib.

Robi Darwis terpilih masuk skuad utama Persib usai melakoni trial yang dipantau oleh pelatih asal Belanda tersebut.

Setelahnya, Robi Darwis pun diberi kontrak profesional berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun bersama Persib.

Usai masuk skuad utama, Robi Darwis pun mendapat kesempatan bersama Persib tampil di Piala Presiden 2022 dan Liga 1 2022/2023.

Di Piala Presiden 2022, Robi Darwis masuk sebagai pemain pengganti kala Persib mengandaskan perlawanan Bhayangkara FC.

Sedangkan di Liga 1 2022/2023, Robi Darwis telah bermain sebanyak 3 kali dan menyumbangkan satu assist, kala Persib takluk di tangan Borneo FC.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More