Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, usai meraih trofi juara Piala AFF U-16 2022. (Bolatimes.com/Irwan Febri Rialdi)

Bolatimes.com - Berikut daftar pelatih yang layak menukangi Timnas Indonesia U-16 andai Bima Sakti benar-benar naik pangkat dan menukangi tim U-19.

Belakangan ini beredar kabar bahwa Bima Sakti kemungkinan akan menggantikan peran Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia U-19.

Rumor ini berkembang pesat, mengingat Bima Sakti belum lama ini berhasil membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga:
Curi Atensi, Pemain Juventus Kirim Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-77

Berhubung Timnas Indonesia U-16 akan naik kelas ke kelompok selanjutnya, dalam hal ini Timnas Indonesia U-19, maka muncul isu liar tersebut.

Sejauh ini belum ada perkembangan mengenai rumor ini. Sehingga jabatan Timnas Indonesia U-19 masih akan tetap dipegang Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sendiri menukangi Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Tanah Air.

Baca Juga:
Peringati HUT ke-77 RI, Pratama Arhan Doakan Indonesia Semakin Maju

Meski rumor tersebut terkesan liar, namun tak ada salahnya mulai menerka pengganti sepadan Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16.

Setidaknya ada lima nama yang muncul dan diyakini bisa mengisi kursi Bima Sakti jika benar-benar naik pangkat ke Timnas Indonesia U-19. Siapa saja nama-nama tersebut?

1. Fakhri Husaini

Baca Juga:
Lakoni 100 Laga Bersama Persita Tangerang, Muhammad Toha Berharap Dipanggil Timnas Indonesia

Pelatih kepala timnas U-19 Indonesia Fakhri Husaini memberikan instruksi kepada para pemainnya pada pertandingan persahabatan melawan timnas Iran di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (7/9/2019). Timnas U-19 Indonesia dikalahkan Iran dengan skor 2-4. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww)

Fakhri Husaini merupakan salah satu nama populer di dunia kepelatihan Indonesia. Ia sendiri dulunya merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 zaman Bagus Kahfi dkk.

Jika Bima Sakti naik pangkat ke tim U-19, maka Fakhri Husaini dengan segudang pengalamannya adalah pilihan tepat.

Hanya saja, PSSI harus membujuk mantan penggawa Timnas Indonesia itu dan menebusnya, mengingat ia masih terikat kontrak dengan Persela Lamongan.

Baca Juga:
Terima Kartu Merah Gegara Tanduk Pemain Crystal Palace, Darwin Nunez Minta Maaf

2. Nova Arianto

Nova Arianto merupakan asisten pelatih Timnas Indonesia senior. Selain itu, ia juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia kelompok umur.

Pria yang akrab disapa Vava ini punya pengalaman segudang dalam melatih, terutama di tim kelompok umur.

Sehingga, dirinya pun bisa menjadi salah satu opsi andai Bima Sakti meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia U-16 dan menukangi tim U-19.

3. Rudy Eka Priyambada

Pelatih Timnas Putri Indonesia, Rudy Eka Priyambada. (Dok. PSSI)

Nama satu ini terbilang malang melintang di sepak bola Indonesia, terutama sepak bola putri. Sebab, Rudy Eka Priyambada merupakan pelatih Timnas Putri Indonesia.

Tak hanya menukangi tim senior, Rudy Eka Priyambada juga menukangi Timnas Putri Indonesia kelompok umur.

Karena pengalamannya itu, Eka Rudy Priyambada bisa menjadi salah satu pilihan jika Bima Sakti naik pangkat ke Timnas Indonesia U-19.

4. Indriyanto Nugroho

Selain Firmansyah, ada pula nama Indriyanto Nugroho yang juga merupakan asisten Bima Sakti di Timnas Indonesia U-16.

Mantan bomber Timnas Indonesia ini pun diyakini bisa menjadi suksesor Bima Sakti karena pemahaman taktik dan karakter para pemain Timnas Indonesia U-16.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More