Rauhanda Riyantama
Selebrasi PSM Makassar saat mengalahkan Kedah FC dalam pertandingan semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN. (Dok. AFC)

Bolatimes.com - Klub Liga 1, PSM Makassar berpotensi lolos ke final AFC Cup 2022 Inter-zona usai FIFA membekukan Federasi Sepak Bola India atau AIFF.

Belum lama ini kabar mengejutkan datang dari India, usai federasi sepak bolanya yakni AIFF dibekukan oleh FIFA.

Kabar pembekuan yang dilakukan oleh induk sepak bola ini terjadi baru-baru ini, tepatnya pada Selasa (16/8) waktu India.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Rencana PSSI Berikan Vitamin Peninggi Badan untuk Pemain Timnas U-16

FIFA menjatuhkan sanksi kepada AIFF usai adanya campur tangan dari pihak ketiga terhadap rumah tangga AIFF dalam proses pemilihan ketua umumnya.

Adanya intervensi dari pihak ketiga ini dianggap oleh FIFA sebagai suatu pelanggaran serius terhadap statuta yang ada.

Sejatinya, FIFA telah memberikan peringatan ke AIFF sejak awal Agustus, di mana peringatan ini justru diindahkan begitu saja.

Baca Juga:
Kenapa Manchester United Kekeh Pertahankan Cristiano Ronaldo?

Adanya hukuman yang diberikan FIFA kepada AIFF ini justru menjadi durian runtuh bagi PSM Makassar yang tengah berlaga di AFC Cup 2022.

Saat ini, PSM Makassar sudah mencapai babak final AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara, dan dijadwalkan akan bertemu Kuala Lumpur City FC, Rabu (24/8).

Andai klub berjuluk Juku Eja itu bisa menang atas Kuala Lumpur City FC, PSM Makassar pun akan lolos ke semifinal AFC Cup 2022 Inter-zona.

Baca Juga:
Tampil Apik, Momen Saddil Ramdani Bikin Assist Keren saat Sabah FC Kalahkan Sarawak United

Di babak semifinal AFC Cup 2022 Inter-zona ini, jika PSM Makassar menang atas Kuala Lumpur City FC, Juku Eja pun sudah ditunggu ATK Mohun Bagan yang merupakan wakil India.

Dengan adanya hukuman yang diberikan FIFA pada Federasi Sepak Bola India (AIFF), maka ATK Mohun Bagan otomatis tersingkir dari semifinal AFC Cup 2022 Inter-zona.

Hal ini lah yang akan memberikan keuntungan bagi PSM Makassar dalam perjalanannya di ajang AFC Cup 2022.

Baca Juga:
Vietnam Lobi Negara Asia usai India Ditangguhkan FIFA, Termasuk Indonesia?

Sebab, jika Juku Eja bisa memenangi final AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara atas Kuala Lumpur City FC, maka PSM Makassar tak perlu melakoni babak semifinal AFC Cup 2022 Inter-zona, dan langsung lolos ke final AFC Cup 2022 Inter-zona.

Namun, PSM Makassar tak bisa bergantung pada hukuman dari FIFA ini saja demi bisa melangkah jauh di AFC Cup 2022. Sebab, ada Kuala Lumpur City FC yang harus dilewati terlebih dahulu.

Di laga kontra Kuala Lumpur City FC di final AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara ini, PSM Makassar takkan diperkuat oleh dua pilarnya, yakni Yuran Fernandes dan Agung Mannan.

Keduanya tak akan tampil setelah mendapat kartu merah di laga semifinal AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara melawan Kedah Darul Aman FC, Selasa (9/8).

Dalam laga melawan wakil Malaysia itu, PSM Makassar memastikan diri lolos ke final AFC Cup 2022 zona Asia Tenggara usai menang 2-1 lewat gol Yakob Sayuri dan Yuran Fernandes, yang dibalas oleh Fayadh Zulkifli.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More