Husna Rahmayunita
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat kalahkan Singapura 9-0 di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-16 mendapat keuntungan dibanding tim lain selepas memastikan diri usai lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 keluar sebagai juara Grup A usai menang atas Vietnam dengan skor 2-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Arkhan Kaka Putra dan Nabil Asyura menjadi pahlawan bagi Timnas Indonesia U-16 di laga ini. Dengan tambahan tiga poin, Timnas Indonesia U-16 lolos ke semifinal sebagai juara Grup A dengan torehan 9 poin dari tiga pertandingan.

Sementara Vietnam yang finis di posisi runner-up, masih menunggu hasil grup lain untuk memperebutkan status runner-up terbaik demi mengisi satu slot di semifinal Piala AFF U-16 2022.

Hasil ini tentu sangat memuaskan bagi publik sepak bola Tanah Air yang akhirnya bisa kembali melihat tim nasional menembus babak semifinal.

Indonesia U-16 lebih dulu mengalahkan FIlipina pada laga perdana Grup A dengan skor 2-0. Hasil lebih memuaskan didapatkan skuad besutan Bima Sakti di matchday kedua.

Melawan Singapura, Timnas Indonesia U-16 sukses melumat sang lawan dengan skor telak 9-0.

Berdasarkan regulasi AFF, Indonesia akan menghadapi juara Grup C yang masih diperebutkan Malaysia, Myanmar, dan Kamboja. Ketiga tim ini sama-sama berpeluang besar lolos ke empat besar. 

Nah, calon lawan Indonesia di semifinal nanti masih akan ditentukan pada laga Piala AFF U-16 Grup C hari Senin (8/8/2022).

Dengan persaingan yang sangat ketat, duel hari ini dipastikan bakal berjalan dengan sengit untuk memperebutkan tempat ke empat besar.

Malaysia untuk sementara berhak memuncaki klasemen Grup C dengan empat poin. Pasukan Harimau Malaya muda unggul selisih gol (+3 berbanding +1) dari Myanmar yang juga mengemas empat poin.

Sementara itu, Kamboja di luar dugaan mampu bersaing memperebutkan tiket ke semifinal dengan menguntit di peringkat ketiga lewat raihan tiga poin,

Masih harus bersaingnya tiga tim di Grup C, sekaligus menjadi keuntungan buat Timnas Indonesia U-16 karena punya waktu istirahat lebih banyak dibanding calon lawan.

Timnas Indonesia U-16 sudah bisa beristirahat dengan penuh sejak Minggu dan berlanjut pada Senin hingga Selasa besok.

Duel semifinal yang bakal dilakoni Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan berlangsung pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More