Rauhanda Riyantama
Timnas Malaysia U-16 vs Kamboja di Piala AFF U-16 2022. (Instagram/@famalaysia)

Bolatimes.com - Berikut deretan alasan mengapa Timnas Indonesia U-16 akan cocok melawan Malaysia di babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Timnas Indonesia U-16 saat ini tengah menantikan calon lawan yang bakal dihadapinya di babak semifinal Piala AFF U-16 2022.

Tim arahan Bima Sakti itu telah memastikan lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 usai menjadi juara grup A.

Baca Juga:
Moncer di Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka Blak-blakan Ditawari Lanjutkan Karier ke Luar Negeri

Dalam tiga laga yang dilakoni di grup A, Timnas Indonesia U-16 mampu menyapu bersih seluruh pertandingan dengan kemenangan.

Karenanya, Timnas Indonesia U-16 pun berhak lolos ke semifinal usai menjadi juara grup A mengungguli Vietnam, Filipina, dan Singapura dengan 9 poin.

Saat ini, Timnas Indonesia U-16 tengah menanti lawan yang akan dihadapi di semifinal. Jika melihat aturan AFF, tim asuhan Bima Sakti ini dipastikan akan bertemu juara grup C.

Baca Juga:
Disinggung soal Pemain Timnas U-16 yang Layak Dipromosikan, Asisten Shin Tae-yong Bilang Begini

Adapun di grup C masih ada tiga tim yang berpeluang lolos sebagai juara grup. Ketiga tim itu adalah Malaysia, Myanmar dan Kamboja.

Melihat tiga calon lawannya di semifinal itu, ada sederet alasan mengapa Timnas Indonesia U-16 lebih cocok berhadapan dengan Malaysia.

Apa saja alasan tersebut? Berikut rangkumannya.

Baca Juga:
Jadwal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Menanti Lawan Indonesia di Semifinal

1. Rivalitas

Bukan lagi rahasia jika Timnas Indonesia dan Malaysia memiliki rivalitas panjang. Sebagai dua negara yang bertetangga, keduanya punya sejarah panjang dalam hal sepak bola.

Dengan bertemu Malaysia, maka Piala AFF U-16 2022 akan mendapat Spotlight yang mumpuni, mengingat rivalitas yang dimiliki kedua negara itu.

2. Pemanis Jalan ke Semifinal

Tak ada yang lebih manis ketimbang mengalahkan rival dan melangkah ke final untuk menjuarai suatu kompetisi. Hal ini berlaku untuk Timnas Indonesia dan Malaysia.

Jika bertemu Malaysia di semifinal, maka Timnas Indonesia bisa mencoba meraih kemenangan dan menjadikan rivalitas sebagai pemicu semangat untuk lolos ke final dan menjuarai turnamen tersebut.

3. Bima Sakti Paham Permainan Malaysia

Bagi pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, laga melawan Malaysia akan menjadi keuntungan tersendiri baginya.

Sebab, dirinya mengaku telah mempelajari permainan Malaysia, sehingga ia bisa membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan untuk melaju ke final.

4. Malaysia Tak Terlalu Kuat

Untuk memuluskan langkah ke final dan menjadi juara, ada baiknya Timnas Indonesia U-16 bertemu dengan lawan yang tak terlalu kuat.

Malaysia sejauh ini memenuhi hal tersebut. Sebab, Harimau Malaya hanya menang sekali dan imbang sekali dalam dua laga di grup C.

5. Jadi Pengalaman

Timnas Indonesia dan Malaysia kerap bertemu di ajang AFF. Sehingga, pertemuan tim U-16 kedua tim di semifinal Piala AFF U-16 2022 akan menjadi pengalaman apik ke depannya.

Timnas Indonesia U-16 bisa mempelajari para pemain Malaysia U-16 jika bertemu nanti, dan menjadi pengalaman jika ke depannya skuad ini bertemu di level U-19, U-20, U-23 maupun senior.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More