Rauhanda Riyantama
Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto dan sujumlah pemain yang meluapkan kekecewaannya usai laga penyisihan grup Piala AFF U-19 melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022). Meskipun menang dengan skor 5-1, Indonesia U-19 tetap tersingkir dari Piala AFF U-19. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.

Bolatimes.com - Rencana PSSI meninggalkan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ternyata mendapa kritikan dari pengamat sepak bola Tanah Air, Mohamad Kusnaeni. Ia bahkan dengan lantang menyebut sikap PSSI kekanak-kanakan.

Kusnaeni yang juga merupakan seorang komentator, menyebut PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia harusnya memiliki pendapat tegas terkait narasi meninggalkan AFF yang muncul dari media sosial.

“Kalau hanya melakukan apa yang diminta publik di media sosial, PSSI benar-benar tidak punya pendapat," ujar Mohamad Kusnaeni dikutip dari media Vietnam, The Thao247, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga:
Rans Nusantara FC Pakai Stadion Pakansari untuk Kandang di Liga 1 2022, Ini Alasannya

"Opini dan sharing dari netizen sendiri tidak bisa dikendalikan. Sebaliknya, PSSI adalah organisasi yang sah, tidak bisa ikut-ikutan dengan hal-hal seperti itu."

"PSSI adalah organisasi besar yang sudah lama berdiri, jadi tidak mungkin memiliki pemikiran kekanak-kanakan seperti itu," tambah pria yang akrab disapa Bung Kusnaeni itu.

Sebelumnya, wacana meninggalkan AFF digaungkan sebagian pecinta sepak bola Indonesia karena kecewa timnas Indonesia U-19 harus tersingkir secara menyakitkan di Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga:
Jesse Resmi Lingard Gabung Nottingham Forest, Dikontrak Setahun

Garuda Nusantara asuhan pelatih Shin Tae-yong diketahui gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand di Grup A.

Selain tersingkir karena aturan head-to-head yang sebelum kompetisi bergulir sudah diberitahukan kepada seluruh peserta, publik sepak bola Indonesia pun semakin geram setelah menyakiskan laga Vietnam vs Thailand yang berakhir 1-1 itu.

Pasalnya, kedua negara dianggap kurang fair play lantaran tidak berani menyerang alias mencari aman saat skor menunjukkan 1-1 sedari menit ke-75. Hasil itu membuat Indonesia tersingkir.

Baca Juga:
Media Vienam Sudah Protes Dua Kali Jelang Piala AFF U-16 2022, Diminta Jangan Banyak Mengeluh

PSSI kemudian turut meramaikan narasi tersebut. Mereka mengklaim telah mengirim surat protes kepada AFF terkait laga Vietnam vs Thailand.

Selanjutnya, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan juga mengaku telah berkomunikasi dengan Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) terkait wacana Indonesia meninggalkan AFF untuk bergabung ke asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara seperti Jepang, China, Korea Selatan hingga Hong Kong itu.

"Sudah menyampaikan lewat Sekjen (Yunus Nusi). Mereka senang saja kalau kita masuk," kata Mochamad Iriawan beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Borong 4 Gol ke Gawang RB Leipzig, Darwin Nunez Diyakini bakal Jadi Penyerang Mematikan Liverpool

Lebih jauh, Kusnaeni menganggap wacana PSSI meninggalkan AFF untuk bergabung dengan konfederasi lain justru akan merugikan timnas Indonesia. Salah satu perihal jarak tempuh saat bertanding.

"Secara geografis, Indonesia berbagi Asia Tenggara dengan negara lain. Secara budaya, Indonesia memiliki kemiripan dengan Malaysia, Thailand atau Singapura. Kalau keluar dari AFF, PSSI akan rugi banyak," kata Kusnaeni.

(Arief Apriadi)

Load More