Irwan Febri Rialdi
Timnas Indonesia U-19 merayakan gol ke gawang Myanmar di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan bocoran bahwa Timnas Indonesia U-19 berencana menjalani pemusatan latihan (TC) di Belanda sebagai persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Kepada pewarta di Jakarta, Selasa, Iriawan menyebut Belanda dipilih sebagai salah satu opsi karena pemain-pemain luar negeri keturunan Indonesia yang ingin direkrut pelatih Shin Tae-yong ke timnas U-19 berasal dari Negeri Kincir Angin.

"Jadi, Shin bisa melihat pemain-pemain yang akan didatangkan ke timnas. Bukan pemain-pemain itu ke Indonesia. Nantinya di Belanda juga akan menghadapi tim-tim kuat dalam laga uji coba," kata Iriawan.

Baca Juga:
Profil PSS Sleman di Liga 1 2022, Menanti Tangan Dingin Seto Nurdiantoro

Menuru dia, bukan cuma Belanda karena masi ada dua negara lain yang menjadi calon karena dianggap mempunyai kualitas bagus.

"Jadi sebenarnya kami sedang memilih apakah Spanyol, Portugal atau Belanda. Kami akan merapatkan hal ini dengan Shin Tae-yong sebelum dia kembali ke Korea Selatan," tutur Iriawan.

PSSI memberikan kesempatan berlibur kepada Shin Tae-yong selama kurang lebih satu bulan setelah menjalani jadwal padat bersama timnas senior, U-23 dan U-19 Indonesia.

Baca Juga:
Profil Persib Bandung di Liga 1 2022, Waktunya Juara?

PSSI belum mengungkapkan jadwal TC timnas U-19 di Eropa, namun pada 10 Juli 2022, Shin sempat menyebut skuadnya akan berangkat ke Eropa pada September 2022 setelah menjalani Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Shin memperkirakan Garuda Nusantara akan berada di Eropa selama sekitar 50 hari.

Terdekat, timnas U-19 Indonesia akan berlaga dalam Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September 2022.

Baca Juga:
Ketum PSSI Semprot Media Vietnam yang Protes Aturan Vaksin untuk Piala AFF U-16 2022

Dalam kompetisi yang akan berlangsung di Indonesia tersebut, Indonesia satu grup dengan Vietnam, Hong Kong dan Timor Leste. Shin menargetkan timnya  lolos putaran final Piala Asia U-20 2023.

Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Shin sendiri menginginkan timnas U-20 diperkuat pemain luar negeri berdarah Indonesia dalam turnamen dunia itu. Sebelumnya, sudah ada tiga nama asal Belanda yang mengikuti latihan bersama timnas U-19 yakni Kai Boham, Jim Croque dan Max Christoffel.

Baca Juga:
Mulai Kehilangan Kharisma, Cristiano Ronaldo Ditolak 4 Klub Top Ini

(Antara)

Load More