Rauhanda Riyantama
Pemain PSS Sleman, Ze Valente dihadang dua pemain Persib Bandung dalam pertandingan perempatfinal Piala Presiden 2022 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (1/7/2022). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Bolatimes.com - PSS Sleman berhasil selamat dari jurang degradasi di Liga 1 musim lalu setelah finis di peringkat ke-13 di klasemen akhir.

 


Tim berjuluk Elang Jawa tersebut sempat berjibaku dengan tim-tim papan bawah demi selamat dari zona merah. Bahkan, penentuan degradasi ini berlangsung hingga pekan terakhir.

Baca Juga:
Ketum PSSI Semprot Media Vietnam yang Protes Aturan Vaksin untuk Piala AFF U-16 2022

 


Tidak mau mengulang hal yang sama di Liga 1 2022/23, PSS melakukan cukup banyak perombakan pada tim. Selain pemain, mereka juga mengganti pelatih.

Ya, PSS mengganti I Putu Gede dari kursi kepelatihan dengan Seto Nurdiantoro, sosok yang tak asing lagi buat publik Sleman.

Baca Juga:
Pensiun dari Tenis, Ashleigh Barty Bantah Banting Stir Jadi Pegolf

Melalui tangan dingin Seto PSS bisa kembali ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Setelah berpisah beberapa saat, PSS meyakini Seto adalah sosok yang tepat untuk mendongkrak lagi prestasi PSS musim ini.

Persiapan PSS terbilang apik jelang mengarungi musim baru. Mereka tampil mengejutkan dengan lolos hingga babak semifinal Piala Presiden 2022.

PSS lolos ke perempat final usai menjadi runner-up Grup A di bawah PSIS Semarang. Lalu di babak perempat final itu, PSS menyingkirkan tim favorit Persib Bandung.

Baca Juga:
Persija Jakarta Disebut Bakal Tanding Lawan Klub Thailand Chonburi FC di JIS

Langkah mereka terhenti di babak semifinal usai disingkirkan oleh Borneo FC dengan agregat 0-6. Meski begitu, penampilan PSS dianggap menjanjikan.

Selain hadirnya Seto, pergerakan transfer PSS di musim ini juga terbilang impresif. Mereka mendatangkan dua pemain asal Papua, Boaz Solossa dan Todd Ferre.

PSS juga mendatangkan bomber anyar asal Brasil Mychell Chagas. Selain pemain baru, banyak juga pemain-pemain andalan musim lalu yang kini sudah pulih dari cedera.

Baca Juga:
Profil RANS Nusantara FC, Tim Sultan yang Promosi ke Liga 1 2022

Profil PSS Sleman:

Nama Klub: PS Sleman

Julukan: Super Elja, Laskar Sembada, Elang Jawa

Kandang: Stadion Maguwoharjo

Berdiri: 20 Mei 1976

Pelatih: Seto Nurdiantoro

Prestasi: Finis Posisi k-13 Liga 1 2021/22, semifinal Piala Presiden 2022

Skuad PSS Sleman 

Kiper: Ega Rizky, Jandia Eka Putra, Try Hamdani, Muhammad Ridwan.

Belakang: Dedy Gusmawan, Purwaka Yudhi, Ifan Nanda, Rizza Fadillah, Derry Rachman, Rifky Suryawan, Syaiful Ramadhan, Marckho Merauje, Bagus Nirwanto, Ibrahim Sanjaya.

Tengah: Jihad Ayoub, Manda Cingi, Wahyu Sukarta, Kim Jeffrey Kurniawan, Dave Mustaine, Ze Valente, Todd Ferre, Fandi Utomo, Hambali Tolib.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More