Rauhanda Riyantama | Adie Prasetyo Nugraha
Sejumlah pemain Bali United merayakan kegembiraan saat penganugerahan Juara Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (31/3/2022). Bali United berhasil menjadi juara Liga 1 2021/2022. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Bolatimes.com - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita akhirnya buka suara terkait alasan Liga 1 2022 digelar terlalu malam. Menurutnya pihak broadcaster juga berperan dalam penentuan jadwal.

Akhmad Hadian Lukita menyebut penentuan jadwal sudah dipikirkan matang-matang bersama pihak terkait seperti broadcaster.

"Tidak bisa dipungkiri broadcaster berperan," kata Akhmad Hadian Lukita saat ditemui awak media di kantor LIB, Rabu (13/7/2022).

Baca Juga:
Jadwal Final Piala AFF U-19 2022: Malaysia U-19 vs Laos U-19

Meski begitu, sosok asal Jawa Barat tersebut mengaku memiliki data penonton pada malam hari lebih antusias ketimbang sore.

Lukita menyebut jadwal malam cukup lumrah mengingat di luar negeri pertandingan berlangsung bisa lebih malam.

"Kami dapat data penonton malam sekarang lebih banyak. Jam segitu, penonton sudah sampai di rumah," terang Akhmad Hadian Lukita.

Baca Juga:
Hasil Semifinal Piala AFF U-19 2022: Malaysia Hajar Vietnam 3-0, Laos Permalukan Thailand 2-0

"Ini perkembangan zaman juga, sekarang jam segitu pulang kerja," ia menambahkan.

Sebelumnya beberapa klub Liga 1, di antaranya Persib Bandung, keberatan dengan jam kick-off yang terlalu malam. Tim kesayangan Bobotoh itu mendapat 17 kali bermain malam hari.

Terkait hal tersebut, LIB tidak angkat tangan begitu saja. Mereka tetap berkompromi mencari jalan tengah.

Baca Juga:
Piala AFF U-19 2022: Bantai Vietnam 3-0, Kiper Timnas Malaysia U-19 Buktikan Ucapannya

"Tapi kami juga meminta kompromi jangan terlalu sering main malam. Kemarin-marin saya bilang lumrah bukan membenarkan," ungkap Lukita.

"Ada klub keberatan yang kami akomodir karena kami sering mengubah (jadwal di tengah kompetisi) seperti di musim lalu. Kan ini kami harus mengunci dulu, kalau tidak dikunci bergerak terus."

"Kami tak bisa memungkiri Persija atau Persib banyak penontonnya main malam," pungkasnya.

Baca Juga:
Karma 'Curangi' Indonesia, Vietnam Kena Bantai 0-3 di Semifinal Piala AFF U-19 2022

Liga 1 2022/2023 dijadwalkan kick-off pada 23 Juli mendatang. Tuan rumah Bali United akan bersua dengan Persija Jakarta di pertandingan itu.

Load More