Husna Rahmayunita
Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di fase grup A Piala AFF U-19 2022. (dok.AFF)

Bolatimes.com - Timnas Thailand dan Vietnam diduga sengaja main mata di laga terakhir fase grup A Piala AFF U-19 hingga memancing atensi pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Dugaan tersebut muncul selepas laga kedua tim yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (10/7/2022) malam berakhir imbang 1-1.

Sementara itu di laga lain, Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Myanmar. Tetapi, meski menang telak, tuan rumah gagal menembus semifinal Piala AFF U-19 2022 karena kalah head to head dengan Vietnam dan Thailand.

Shin Tae-yong menyentil regulasi yang diterapkan di Piala AFF U-19 2022 karena merugikan timnya. Ia menduga, Vietnam dan Thailand sengaja bermain imbang agar tak bersua skuad Garuda Nusantara di semifinal.

"Saya sedikit tersinggung dan tidak begitu senang (dengan pertandingan Thailand kontra Vietnam-red). Mungkin mereka takut dengan Indonesia. Mereka merasakan kekuatan sepak bola Indonesia semakin baik," tutur Shin.

Juru taktik asa Korea Selatan itu pun menyayangkan Indonesia tak mampu menyegel satu tempat di semifinal.

Meski begitu, dia optimistis performa timnas U-19 Indonesia akan terus membaik dan siap mengarungi beberapa turnamen ke depan termasuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 tahun 2023.

"Pastinya suporter dan para pewarta di sini bisa melihat sepak bola Indonesia terus membaik, secara mental maupun fisik. Sepak bola Indonesia memiliki masa depan yang cerah. Saya sebisa mungkin akan membawa Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 2023 dan menyajikan pertandingan luar biasa di Piala Dunia U-20 2023," kata Shin.

Tim nasional U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 meski berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1 pada laga pamungkas Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu malam.

Indonesia tak dapat ke empat besar lantaran pertandingan terakhir lain Grup A yakni Vietnam versus Thailand berakhir imbang 1-1. Indonesia kalah "head to head" dari dua tim tersebut.

Dengan demikian, dua tim terbaik Grup A yang menyegel tempat di semifinal adalah Vietnam sebagai juara grup dan Thailand di peringkat kedua.

Bagi Indonesia, terakhir kali Garuda Nusantara gagal lolos dari fase grup Piala AFF U-19 terjadi pada tahun 2016.

Dari laga kontra Myanmar, gol-gol Indonesia dibuat oleh Muhammad Ferarri (dua gol), Arkhan Fikri, Rabbani Siddiq dan Ronaldo Kwateh. Myanmar memperkecil kedudukan via La Min Htwe, demikian dimuat Antara.

Load More