Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Timnas Indonesia U-19 berpose sebelum berlaga melawan Filipina U-19 dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww)

Bolatimes.com - Hitung-hitungan kelolosan Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Semua berakhir apabila Vietnam dan Thailand main mata.

Timnas Indonesia U-19 masih belum bisa memastikan satu tempat di babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Bahkan, bisa dikatakan kans skuad asuhan Shin Tae-yong gagal cukup besar.

Untuk melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 harus menang di laga terakhir dan menunggu hasil pertandingan Thailand vs Vietnam di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/2022).

Pesepak bola Indonesia U19 Alfriyanto Nico Saputro (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Thailand U19 Sittha Boonlha (kanan) dalam laga penyisihan grup Piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Di laga terakhir, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Myanmar. Myanmar sendiri saat ini berada di posisi empat klasemen dengan mengantongi enam poin dari empat laga, dan dipastikan tersingkir.

Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan harus berharap, Vietnam dan Thailand saling mengalahkan. Karena Indonesia saat ini hanya terpaut dua poin dari Vietnam dan Thailand.

Jika Vietnam dan Thailand bermain imbang tanpa gol, Indonesia masih bisa lolos.

Akan tetapi, jika kedua tim bermain seri 1-1, 2-2, 3-3, dan seterusnya, skuad Merah Putih dipastikan gagal ke semifinal. Hal ini dikarenakan penentuan lolos bukan berdasarkan selisih gol, melainkan head to head.

Timnas Indonesia U-19 menempati posisi tiga di klasemen sementara. Mereka mengumpulkan 8 poin dari 4 pertandingan.

Sementara Vietnam dan Thailand sama-sama telah mengoleksi 10 poin. Tentu kemenangan menjadi satu-satunya cara buat menjaga asa lolos ke semifinal.

Sebelumnya banyak yang mengira Timnas Indonesia U-19 akan lolos ke babak semifinal karena memiliki selisih gol yang banyak. Tapi ternyata kelolosan dari selisih gol melainkan head to head setiap tim.

Pesepak bola Tim Nasional Vietnam U-19 Nguyen Gian Tan (tengah) dihadang pesepak bola Timnas Indonesia U-19 dalam laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Pertandingan berakhir 0-0. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/rwa.

"Timnas Indonesia harus menang, berapa pun skornya dan Vietnam vs Thailand harus saling mengalahkan atau Vietnam vs Thailand imbang skor 0-0," tulis PSSI, Sabtu (9/7/2022).

"Tetapi kalau Vietnam vs Thailand imbang 1-1, 2-2 atau lebih, Indonesia tidak lolos ke semifinal," sambung pernyataan tersebut.

Melihat situasi ini ada peluang bagi Thailand dan Vietnam main mata agar keduanya bisa lolos ke semifinal. Meski laga pamungkas Grup A akan digelar dalam waktu bersamaan.

"Karena head to head dahulu yang dipakai. Jadi nanti akan dibikin klasemen kecil mereka bertiga. Terus hasil pertandingan Indonesia vs Vietnam dan Thailand skor imbang 0-0 semua."

Load More