Rauhanda Riyantama
Timnas Indonesia U-19 usai ditahan imbang Vietnam dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). [PSSI]

Bolatimes.com - Setidaknya ada 5 alasan yang bisa membuat timnas Indonesia U-19 melenggang ke semifinal Piala AFF U-19 2022, selain memetik kemenangan meyakinkan atas Filipina dalam lanjutan fase grup.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani partai hidup-mati di Piala AFF U-19 2022 melawan Filipina pada Jumat (8/7/2022) di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kemenangan dengan skor besar atas Filipina makan menjadikan langkah timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 juga akan semakin mudah.

Baca Juga:
Thomas Doll Akui Kualitas Cahya Supriadi: Dia Punya Sesuatu yang Spesial

Mengingat pasukan Shin Tae-yong saat ini masih berkutat di peringkat keempat klasemen sementara grup A dengan raihan lima poin hasil dua kali imbang sekali menang.

Tak hanya melawan Filipina, raihan kemenangan juga harus dipastikan Ronaldo Kwateh dkk saat melakoni laga terakhir fase grup melawan Myanmar.

Dan setidaknya ada 5 alasan kuat mengapa Indonesia bisa melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022 bermodal dua kemenangan terakhir.

Baca Juga:
Hasil Malaysia Masters 2022: Bungkam Ranking 1 Dunia, Gregoria Mariska ke Semifinal

Lantas apa saja alasan tersebut? berikut 5 alasan yang bisa membuat timnas Indonesia U-19 melenyapkan Filipina dan melangkah ke partai semifinal.

1. Kualitas

Kualitas para pemain Shin Tae-yong berada di atas para pemain Filipina dan Myanmar, bahkan bisa saja Thailand serta Vietnam dikalahkan andai pintar dalam memanfaatkan peluang emas.

Baca Juga:
Harus Rehat, Marselino Ferdinan Beberkan Kronologi Cedera saat Perkuat Timnas Indonesia U-19

Meskipun pada dua laga terakhir fase grup Piala AFF U-19 2022, timnas Indonesia U-19 tidak akan diperkuat Marselino Ferdinan yang cedera.

Beberapa pemain lain dianggap mampu menutup absennya Marselino, seperti Hokky Caraka dan Ronaldo Kwateh yang akan diandalkan.

Kedua pemain yang sama-sama mencetak gol dalam kemenangan besar timnas Indonesia atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Baca Juga:
Tundukkan PSS Sleman di Maguwarharjo, Borneo FC Optimis Lolos ke Final Piala Presiden 2022

2. Suporter

Faktor tuan rumah menjadi alasan kedua yang bisa membuat timnas Indonesia U-19 melaju ke babak semifinal turnamen kelompok umur ini.

Hal ini tak lepas dari status tuan rumah yang disandang skuat berjuluk Garuda Nusantara, ketenangan dan rasa percaya diri lebih jadi kunci kemenangan timnas Indonesia U-19.

3. Jaga Asa Lolos

Keinginan lolos ke semifinal disertai dengan kerja keras akan membuat para pemain memiliki dorongan motivasi lebih tampil lebih baik dari laga-laga sebelumnya.

Pasalnya jika satu kali saja timnas Indonesia U-19 gagal memanfaatkan peluang dari dua laga terakhir, maka bisa saja dipastikan perjalanan Garuda Nusantara di turnamen ini berakhir.

4. Pelatih

Taktik yang diterapkan Shin Tae-yong di sisa laga fase grup Piala AFF U-19 2022 menjadi kunci bagaimana timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal.

Apalagi minus Marselino Ferdinan, kualitas pelatih dalam hal ini akan dibuktikan selain dari performa para pemain yang dipercaya bermain.

5. Filipina Buruk

Rentetan hasil buruk yang diraih Filipina di Piala AFF U-19 2022 membuat tim-tim lawan bisa memanfaatkannya sebagai peluang.

Kalah dari Thailand, dihajar Vietnam dan dibekuk Myanmar menjadi tiga kekalahan beruntun Filipina di ajang ini.

Tentu riwayat bermain lebih baik dicatatkan Indonesia yang belum menelan kekalahan di fase grup Piala AFF U-19 2022.

Kontributor: Eko Isdiyanto
Load More