Jum'at, 02 Desember 2022
Rauhanda Riyantama : Rabu, 06 Juli 2022 | 16:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Mengenang momen Fakhri Husaini mempermalukan pelatih Thailand, Salvador Valero Garcia, bersama Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Timnas Indonesia U-19 dalam waktu dekat akan bersua Thailand arahan Valero Garcia di lanjutan grup A Piala AFF U-19 2022, Rabu (6/7).

Dalam duel ini, Shin Tae-yong berhasrat meraih kemenangan perdana atas Thailand semenjak dirinya ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Sejak didapuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019 lalu, juru taktik asal Korea Selatan itu tak pernah menang atas Thailand baik di tim senior maupun kelompok umur.

Kini kesempatan untuk mematahkan rekor buruk itu terbuka lebar, saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Thailand U-19.

Jelang duel ini, Shin Tae-yong pun diprediksi akan menggunakan taktik terbaiknya agar Timnas Indonesia U-19 bisa meraih kemenangan.

Selain mempersiapkan taktik terbaiknya, Shin Tae-yong setidaknya bisa belajar satu dua hal dari kiprah Fakhri Husaini. Pasalnya, Fakhri Husaini merupakan satu-satunya pelatih yang bisa mengalahkan Thailand arahan Salvador Valero Garcia.

Bagaimana kisah Fakhri Husaini mengalahkan Salvador Valero Garcia?

Menang di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018

Sepanjang sejarahnya, Timnas Indonesia telah bertemu Thailand arahan Salvador Valero Garcia sebanyak tiga kali.

Dalam tiga pertemuan itu, Timnas Indonesia hanya menang sekali, yakni kala ditukangi Fakhri Husaini di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Saat itu, Timnas Indonesia dan Thailand tergabung di grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Kedua tim menjadi dua tim yang akhirnya lolos dari babak grup.

Hanya saja, Timnas Indonesia mampu mengangkangi Thailand dan keluar sebagai juara grup. Sedangkan anak asuh Valero Garcia lolos sebagai Runner Up.

Timnas Indonesia mampu mengoleksi 12 poin berkat empat kemenangan dari empat laga, sedangkan Thailand hanya mengoleksi 9 poin berkat tiga kemenangan dari empat laga.

satu-satunya kekalahan Thailand asuhan Valero Garcia di fase grup Kualifikasi Piala Asia u-16 2018 itu didapat dari Timnas Indonesia arahan Fakhri Husaini.

kekalahan itu didapat di laga kedua grup G, di mana Timnas Indonesia arahan Fakhri Husaini menang 1-0 atas Thailand asuhan Valero Garcia berkat gol Amanar Abdillah di menit ke-20.

kemenangan itu menjadi satu-satunya kemenangan Timnas Indonesia atas Thailand yang ditukangi Valero Garcia.

sedangkan di dua pertemuan lainnya yakni di Piala AFF U-16 2017 dan semifinal Piala AFF U-16 2019, Timnas Indonesia tumbang denga skor 0-1 dan 0-2 dari Thailand arahan Valero Garcia.

Mampukah Shin Tae-yong bisa mengulangi kesuksesan Fakhri Husaini mempecundangi Valero Garcia kelak di ajang Piala AFF U-19 2022?

Kontributor: Felix Indrajaya

BACA SELANJUTNYA

5 Penyerang Timnas Indonesia U-19 yang Diprediksi Bobol Gawang Moldova U-20