Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pesta Flare suporter Timnas Indonesia U-19 saat melawan Vietnam di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/7/2022) malam. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, berharap tak ada lagi flare dalam pertandingan Piala AFF U-19 2022. Ia meminta suporter memberikan dukungan semangat dengan cara lain.

Timnas Indonesia U-19 harus puas berbagi angka dengan Vietnam dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). Dalam pertandingan yang berakhir 0-0 itu ada kejadian yang menjadi sorotan.

Di menit-menit akhir pertandingan suporter berpesta flare alias suar. Tidak hanya itu, penonton yang ada di tribun banyak yang menyalakan petasan.

Hal ini sangat disayangkan oleh Shin Tae-yong. Selain flare dan petasan dilarang dalam pertandingan sepakbola, menurutnya bisa menganggu konsentrasi pemain.

Memang, flare yang dinyalakan dalam pertandingan itu cukup banyak. Akibatnya, menghasilkan asap yang bisa menganggu pandangan pemain.

Oleh karena itu, juru formasi asal Korea Selatan itu berharap suporter tidak mengulanginya lagi. Ia meminta fans mencari alternatif lain dalam memberikan dukungan.

"Pertama kami terima kasih ke fans atas kerja kerasnya memberikan dukungan kepada para pemain. Tapi petasan seperti itu bisa kurangi fokus pemain," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai pertandingan.

"Saya mohon jangan ulangi lagi. Saya mohon buat mengubah sedikit demi sedikit caranya buat meningkatkan semangat pemain," sambungnya.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan sependapat dengan Shin Tae-yong. Sebab, pemain harus fokus ketika menjalani pertandingan.

"Jadi saya fokusnya di pertandingan. Ada petasan memang ganggu, tapi tidak terlalu menggubris juga sih," ujar wonderkid Persebaya itu.

Berikutnya, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Brunei Darussalam di stadion yang sama, Senin (4/7/2022) malam WIB.

Load More