Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri memberi keterangan kepada wartawan saat menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta International School (YIS), Senin (26/8/2019). (bolatimes.com/M Ilham Baktora)

Bolatimes.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri angkat bicara terkait keputusan pemain keturunan Jordi Amat yang bergabung ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT).

JDT sudah mengumumkan secara resmi Jordi Amat menjadi bagian dari mereka, Rabu (29/6/2022) waktu setempat. Pemain 30 tahun itu disebut akan bermain pada musim ini.

Pecinta sepakbola Tanah Air banyak yang menyayangkan keputusan Jordi Amat berkompetisi di Malaysia. Mereka berharap sang pemain tetap merumput di Eropa.

Sebelumnya, ia berbaju KAS Eupen di Liga Belgia. Namun, pemain berpaspor Spanyol itu memutuskan tidak lagi memperpanjang kontraknya.

Indra Sjafri turut buka suara mengenai polemik ini. Menurutnya, kualiatas Jordi Amat belum tentu merosot setelah bergabung dengan JDT.

"Pesepakbola bebas menentukan sikapnya sendiri. Di perpindahan Jordi itu murni perpindahan warga negara," kata Indra Sjafri saat ditemui di kawasan Sentul, Bogor, Kamis (30/6/2022).

"Bagaimana ia mengubah kepribadian dia saya pikir tergantung. Tapi memang kemarin saat mau memulai naturalisasi itu kualitas pertimbangannya, kedua mereka bermain di level kompetisi yang lebih baik. Tapi walaupun Jordi bermain di Malaysia, bukan berarti menurunkan kualitasnya," terangnya.

Lebih lanjut, Indra memahami apa yang dirasakan masyarakat Indonesia. Apalagi, sang pemain memilih merumput di Malaysia

"Saya memahami apa yang disampaikan masyarakat apalagi ini bermain di JDT dan klubnya di Malaysia yang sekarang ada yang pro dan kontra," ungkapnya.

Adapun JDT sejatinya bukanlah klub sembarang. Mereka kini bisa dibilang menjadi kekuatan baru di Asia. Fasilitas olahraga yang mereka miliki cukup jempolan. Bahkan, JDT pernah menjadi juara Piala AFC 2015.

Saat ini pun raksasa Malaysia tersebut sedang bersaing di babak 16 besar Liga Champions Asia 2022. Tidak ada tim asal Asia Tenggara mencapai babak tersebut selain JDT.

Load More