Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla berteriak mengistruksikan pemainnya dari luar lapangan saat timnya berhasil menang telak 4-0 Indonesia pada pertandingan Grup A Asian Games ke-18 di Stadion Patriot, Bekasi Minggu (12/8). (ANTARA/INASGOC/Charlie)

Bolatimes.com - Salah satu tolok ukur keberhasilan pelatih Timnas Indonesia bukan hanya sekadar prestasi, tetapi juga bagaimana mampu mendongkrak posisi Indonesia di ranking FIFA.

Dalam hal ini Shin Tae-yong sedang jadi sorotan karena keberhasilannya mendongkrak posisi Indonesia. Lewat tangan dinginnya, Indonesia naik 20 peringkat di ranking FIFA.

Indonesia saat ini menduduki urutan ke-155 dunia, setelah sebelumnya berada di posisi ke-175. Hasil ini didapatkan setelah Timnas Indonesia cuma menelan 5 kekalahan dari 21 pertandingan (dua tak masuk hitungan FIFA) sejak dilatih oleh Shin Tae-yong.

Meski begitu, pencapaian Shin Tae-yong ini nyatanya belum bisa menyaingi torehan yang didapatkan oleh mantan-mantan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya.

Berikut deretan pelatih Timnas Indonesia yang mengangkat ranking FIFA Indonesia terbanyak.

1. Rusdy Bahalwan

Legenda Persebaya dan Timnas Indonesia ini menjadi pelatih tim Merah Putih pertama yang mampu membawa Timnas Indonesia melesat 44 peringkat di ranking FIFA.

Tepatnya pada periode 2 September 1997 hingga 10 September 1998. Saat itu Indonesia yang berada di peringkat ke-120 melesat ke peringkat ke-76.

2. Henk Wullems

Henk Wullems. (Screenshot Twitter @AZAlkmaar)

Sebelum era kepemimpinan Rudy Bahalwan, Timnas Indonesia juga mengalami peningkatan signifikan dalam peringkat FIFA lewat tangan dingin pelatih asal Belanda, Henk Wullems.

Sebelum membesut Timnas Indonesia, dia membawa Bandung Raya juara Liga Indonesia II musim 1995/96. Dia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia untuk SEA Games 1997 dengan raihan perak.

Selama masa jabatannya, Henk Wullems membawa Timnas Indonesia naik 43 peringkat di ranking FIFA.

3. Luis Milla

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla (PSSI)

Di urutan ketiga, ada pelatih asal Spanyol, Luis Milla, yang membawa Indonesia naik 37 peringkat di ranking FIFA. Dia ditunjuk oleh PSSI usai sepak bola Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

Hanya dalam kurun waktu kurang dari dua tahun, Luis Milla membawa Timnas Indonesia melesat dari posisi ke-191 (April 2016) menjadi 154 (November 2017).

4. Ivan Kolev

Pelatih Persija Ivan Kolev. [dok. media Persija]

Ivan Kolev terbilang sebagai pelatih asing yang tak asing di Indonesia. Dia pertama kali menangani Timnas Indonesia pada 2002-2003.

Di masa itu, peringkat Indonesia naik 29 posisi di ranking FIFA. Kemudian di periode keduanya, 2006-2007, peringkat Indonesia naik 28 peringkat.

5. Benny Dollo

Pelatih Sriwijaya FC Benny Dollo.[Antara/ Feny Selly]

Pelatih kawakan asal Indonesia ini tercatat pernah menangani Timnas Indonesia pada 2008-2009. Dia membawa Indonesia naik 27 peringkat saat menjadi pelatih skuad Merah Putih.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More