Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)

Bolatimes.com - Berikut tiga pelatih asal Korea Selatan yang bisa gantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia pasca Kualifikasi Piala Asia 2023.

Belakangan kabar olahraga dalam negeri dihebohkan dengan komentar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang ingin menggantikan posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengatakan, PSSI ingin menggantikan peran Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia senior.

Baca Juga:
Kocak, Media Timur Tengah Sebut Timnas Indonesia Masih Diperkuat Hendro Kartiko di Kualifikasi Piala Asia 2023

Wacana ini disampaikannya karena melihat pelatih asal Korea Selatan itu keteteran karena harus menukangi tim nasional dari kelompok umur hingga senior.

Karena pertimbangan itu, PSSI pun berencana membuat Shin Tae-yong hanya perlu fokus ke Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang.

“Menurut saya, sekarang dia keteteran dengan tiga kelompok umur tersebut. Jadi kami akan merekomendasikan Shin hanya memegang timnas untuk Piala Dunia U-20,” ucap Iwan Bule dilansir dari Suara.com.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Aljazair, Perebutan Peringkat Ke-9 Turnamen Toulon 2022

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Pratama Arhan. (Instagram/@shintaeyong7777)

Iwan Bule menambahkan, bahkan keputusan ini belum final. Ia akan mendiskusikannya dengan Shin Tae-yong pasca gelaran Kualifikasi Piala Asia 2023.

Andai Shin Tae-yong menerima rencana ini dan hanya fokus pada Timnas Indonesia U-20, maka PSSI harus mencari penggantinya guna menukangi tim senior.

Tentu tak ada salahnya bagi PSSI untuk kembali melirik pelatih asal Korea Selatan untuk tim senior, agar bisa menjadi kompatriot Shin Tae-yong di kursi kepelatihan Timnas Indonesia kelak.

Baca Juga:
Absen Bela Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Percaya Skuad Garuda Bisa Bungkam Kuwait

Lantas, siapa saja pelatih asal Korea Selatan yang bisa dilirik PSSI untuk mengisi kursi Shin Tae-yong kelak? Berikut daftarnya.

1. Park Hang-seo

Nama Park Hang-seo bisa menjadi pertimbangan PSSI untuk mengisi pos pelatih tim senior Indonesia untuk menggantikan Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Indonesia Masters 2022: Chico Aura Dwi Wardoyo Bongkar Kunci Kemenangan atas Wakil India

Pria berusia 63 tahun ini bisa menjadi opsi brilian mengingat kiprahnya bersama Vietnam. Selain itu, ia paham betul dengan sepak bola Asia Tenggara.

Dengan CV mentereng seperti itu, PSSI bisa mencoba mendatangkannya. Apalagi kontrak Park Hang-seo bersama Vietnam tersisa hingga Januari 2023 mendatang.

2. Kim Hak-bum

Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum, di Olimpiade. (Jung Yeon-je/AFP)

Jika Park Hang-seo enggan menjadi suksesor Shin Tae-yong di tim senior, tak ada salahnya PSSI mencoba mendatangkan Kim Hak-bum

Kim Hak-bum merupakan salah satu pelatih terbaik di Korea Selatan. Saat ini, dirinya dilaporkan tengah menganggur usai memimpin tim senior negeri gingseng pada 2021 lalu.

Kim Hak-bum punya rekam jejak mentereng. Salah satunya adalah saat dirinya berhasil membawa Korea Selatan meraih medali emas Asian Games 2018 di cabor sepak bola putra.

3. Jeon Kyung-jun

PSSI nampaknya tak perlu jauh-jauh mencari pelatih tim senior untuk menggantikan Shin Tae-yong. Sebab, ada nama Jeon Kyung-jun yang tak lain mantan asistennya.

Jeon Kyung-jun merupakan orang dekat Shin Tae-yong. Dirinya menemani Shin Tae-yong saat menjabat sebagai pelatih timnas Korea Selatan U-20, U-23 dan senior.

Saat ini, Jeon Kyung-jun tengah menganggur usai tak memperpanjang kontraknya dengan klub kasta kedua Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

(Kontributor: Felix Indra Jaya)

Load More