Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly melepas tendangan ke gawang Bangladesh yang dikawal Anisur Rahman saat laga persahabatan FIFA di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz)

Bolatimes.com - Sejumlah pemain timnas Indonesia yang menjadi andalan Shin Tae-yong ternyata sebelumnya juga pernah mencuri hati Luis Milla.
Saat Luis Milla masih menjabat sebagai pelatih timnas Indonesia, pemain-pemain ini sukses merebut hati pelatih asal Spanyol itu.

Kini, setelah era Luis Milla berakhir dan pekerjaannya bersama timnas Indonesia berhenti, pemain-pemain ini sukses mencuri hati Shin Tae-yong yang menjadi nakhoda teranyar.

Mereka yang sempat menjadi kesayangan Luis Milla di berbagai ajang, seperti SEA Games 2017 dan Asian Games 2018, kini kembali diandalkan Shin Tae-yong untuk memperkuat timnas Indonesia.

Baca Juga:
Profil Gerard Artigas, Pemain Asing Anyar Persis Eks Akademi Barcelona

Berikut Bolatimes.com menyajikan empat nama pemain kesayangan Luis Milla yang kini masih jadi andalan Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

1. Irfan Jaya

Pemain Timnas Indonesia U-23 Irfan Jaya (kanan) rayakan golnya ke gawang Andong University dalam pertandingan uji coba di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/4/2022). (dok. PSSI)

Irfan Jaya menjadi salah satu winger yang menjadi andalan Luis Milla ketika masih mengasuh timnas Indonesia. Kini, ia pun juga tetap diandalkan oleh Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Momen Pemain Ukraina Datangi Suporter Sambil Menangis usai Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Di bawah asuhan Luis Milla, Irfan Jaya pernah memperkuat timnas Indonesia U-23 saat menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018.

Sementara saat ini, pemain Bali United itu juga masih diandalkan oleh Shin Tae-yong, terutama pada gelaran Piala AFF 2020 dan kini di Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Asnawi Mangkualam

Baca Juga:
Nyaris Serupa, Intip 5 Perbedaan Formula E dan Formula 1

Asnawi Mangkualam pernah menciptakan kejutan ketika dibawa oleh Luis Milla untuk memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017.

Pasalnya, saat itu Asnawi masih menjadi anggota timnas U-19 yang diasuh oleh Indra Sjafri. Namun, bakatnya membuat Luis Milla memberikan kesempatan lebih.

Kini, Asnawi menjadi salah satu pemain kesayangan Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan itu memberikan rekomendasi untuk Ansan Greeners agar merekrut eks-pemain PSM Makassar ini.

Baca Juga:
Jadwal dan Link Live Streaming Indonesia Masters 2022, Dimulai Besok

3. Stefano Lilipaly

Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly (kiri) menerima operan dibayangi pemain timnas Timor Leste Feliciano Pinheiro Goncalves dalam penyisihan grub B Piala AFF 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (13/11/2018). Indonesia menang 3-1. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Satu-satunya pemain naturalisasi yang sebelumnya diandalkan Luis Milla dan kini kembali jadi pemain penting di timnas Indonesia ialah Stefano Lilipaly.

Pada Asian Games 2018, Lilipaly menjadi salah satu pemain naturalisasi yang dipilih oleh Luis Milla. Ketika itu, pemain naturalisasi lainnya yang juga dibawa Luis Milla ialah Alberto Goncalves.

Shin Tae-yong pun akhirnya kembali memberikan kepercayaan kepada Lilipaly untuk berkontribusi kepada timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

4. Saddil Ramdani

Bisa dibilang, Saddil Ramdani menjadi salah satu pemain kesayangan Luis Milla saat masih menjabat sebagai juru taktik skuad Merah Putih.

Meskipun saat itu masih berusia 18 tahun, Saddil Ramdani justru mendapat kepercayaan pelatih asal Spanyol itu untuk memperkuat timnas U-23 di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Kini, Saddil kembali menjadi pemain yang penting di timnas. Shin Tae-yong kembali menggunakan jasanya di SEA Games 2021 dan kini bersama timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More