Rauhanda Riyantama
Tim sepak bola Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/nz

Bolatimes.com - Perjuangan timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 tinggal menghitung hari. Skuad Garuda disebut-sebut bakal lolos karena sejumlah alasan.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia akan tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar di Kuwait pada 8 hingga 15 Juni 2022.

Pada ajang tersebut, timnas Indonesia tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 bersama Yordania, Nepal, dan tuan rumah Kuwait.

Baca Juga:
Profil Daniel Sturridge, Mantan Bintang Timnas Inggris yang Kerap Diputus Kontrak Klubnya

Timnas Indonesia akan berjuang untuk merebut salah satu dari 11 tiket yang tersisa untuk tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Tentu saja, ada sejumlah alasan yang membuat skuad Garuda bisa mewujudkan target untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Berikut Bolatimes.com menyajikan alasan-alasan mengapa timnas Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga:
Jadwal Turnamen Toulon 2022 Hari Ini: Venezuela vs Ghana dan Timnas Indonesia U-19 vs Meksiko

1. Shin Tae-yong Kantongi Kelemahan Anak Asuhnya

Pertandingan FIFA Matchday melawan Bangladesh bisa menjadi salah satu cara Shin Tae-yong untuk mengukur kesiapan anak asuhnya jelang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebab, Shin Tae-yong sudah melihat banyak kekurangan yang dimiliki oleh skuad Garuda. Area-area yang perlu dibenahi tentu sudah menjadi catatan sang juru taktik.

Baca Juga:
Herman Dzumafo Resmi Gabung FC Bekasi City, Atta Halilintar: Bismillah

Oleh karena itu, Shin Tae-yong diharapkan mampu membenahi berbagai kelemahan timnas Indonesia meski durasi persiapannya tak terlalu panjang.

2. Timnas Indonesia Dapat Suntikan Tenaga Baru

Skuad timnas Indonesia yang dibawa ke Kualifikasi Piala Asia 2023 ini memang cukup berbeda dengan yang tampil di Piala AFF 2020 beberapa waktu lalu.

Baca Juga:
Mengenal Samuel Silalahi, Pesepak Bola Berdarah Batak yang Kini Main di Liga Norwegia

Shin Tae-yong tampak menambah beberapa pemain baru di sejumlah lini. Beberapa nama yang muncul ialah Saddil Ramdani, Marc Klok, Stefano Lilipaly, hingga Dimas Drajad.

Dua pemain naturalisasi yang dipanggil Shin Tae-yong itu diharapkan memberikan dampak positif bagi performa timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) memberi arahan kepada pemain saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). (Antara/Hafidz Mubarak A/aww)

3. Pengalaman Shin Tae-yong

Kualitas Shin Tae-yong sebagai pelatih yang punya rekam jejak mentereng, termasuk tampil di Piala Dunia 2018, menjadi salah satu alasan tersendiri.

Hal ini bisa menjadi modal penting bagi Shin Tae-yong untuk membawa timnas Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023, baik mempersiapkan taktik dan mental pemain.

Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu telah memperlihatkan caranya meramu taktik untuk skuad Garuda pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 maupun pada Piala AFF 2020.

4. Tren Positif Timnas Indonesia

Sebelum ditahan imbang Bangladesh, timnas Indonesia sebetulnya menyajikan performa yang cukup membaik di bawah arahan Shin Tae-yong.

Sebab, selain mampu meraih runner-up Piala AFF 2020, timnas Indonesia U-23 juga mampu merengkuh medali perunggu di SEA Games 2021.

Dua hasil itu memang sebetulnya tak memenuhi target. Akan tetapi, dua kejuaraan itu bisa menjadi modal positif untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023.

(Kontributor: Muh Adif Setiawan)

Load More