Husna Rahmayunita
Shin Tae-yong saat melatih Korea Selatan. (sumber: FIFA)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 meluapkan rasa bahagianya selepas timnya lolos ke semifina SEA Games 2021. Ia terkenang dengan momen saat berhasil mengantarkan Korea Selatan berjaya di Piala Dunia 2018.

Kala itu, Korea Selatan yang dinahkodai oleh Shin Tae-yong menumbangkan Jerman di laga pamungkas Grup F dengan skor 2-0 yang membuat Der Panser tersingkir dari Piala Dunia.

Baginya momen tersebut sangat membahagiakan dan sulit untuk dilupakan karena tak bisa terulang kembali.

"Sebagai pelatih kepala, saya selalu harus berusaha membantu tim saya bermain dengan baik di setiap pertandingan apa pun turnamennya. Ketika saya memimpin tim Korea mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018, saya memiliki kenangan dalam hidup, karena saya tahu akan melakukannya," ujarnya seperti dikutip dari Zingnews, Senin (16/5/2022)

"Saya tidak akan pernah mengalami momen itu lagi dalam hidup saya. Hari ini, dengan kemenangan yang membawa Indonesia U23 ke semifinal, saya sama senangnya," imbuhnya.

Pada pertandinan yang digelar di Stadion Viet Tri, Phuo Tho, Minggu (15/5/2022), Indonesia berhasil mengalahan Myanmar 3-1.

Tiga gol tercipta lewat tendangan Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan. Sedangkan gol tunggal Myanmar dicetak oleh Win Naing Tun pada babak kedua.

Shin Tae-yong mengakui dirinya menerapkan taktik berbeda dibandingkan laga sebelumnya saat lawan Filipina. Taktik tersebut terbukti mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal.

"Memang benar ada perbedaan taktik antara pertandingan melawan Filipina U-23 dan pertandingan ini (lawan Myanmar). Sebelum pertandingan melawan Filipina,"

"Kami melihat mereka memiliki tinggi badan yang bagus tetapi tidak cepat mengelola, atau meninggalkan celah dalam permainan bertahan. Jadi kami bermain bertahan dan melakukan serangan balik," bebernya.

Pun saat disiggung mengenai lawan Timnas Indonesia U-23 di semifinal, pelatih asal Korea Selatan itu menyebutkan dua nama yakni Malaysia dan Thailand.

"Saya juga berpikir,dua tim Malaysia U23 dan Thailand U23 akan melaju ke semifinal dan kami akan mempersiapkan diri dengan baik," pungkas Shin Tae-yong.

Load More