Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra]

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong membongkar kunci kemenangan timnya atas Myanmar di laga lanjutan SEA Games 2021, Minggu (16/5/2022) sore.

Pertandingan yang digelar di Stadion Viet Tri, Phuo Tho tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23.

Garuda Muda mengalahkan Myanmar 3-1 melalui torehan Egy Maulana Vikri (6'), Witan Sulaeman (10'), dan Marselino Ferdinan (45+2'). Myanmar hanya mampu membalas satu gol via aksi Win Naing Tun (67').

Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 menyegel satu tempat ke semifinal SEA Games 2021. Shin Tae-yong pun mengakui jika dirinya menerapkan taktik berbeda sehinggan Skuad Garuda bisa menang lawan Myanmar.

"Ya, saya terapkan taktik berbeda," kata pelatih asal Korea Selatan itu usai laga.

Pada pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 menang telak atas Filipina dengan skor 4-0 setelah ia meminta Egi dkk menerapkan permainan serangan balik.

Skuad Garuda Muda memancing pemain lawan untuk masuk dalam area pertahanan. Lalu jika mendapatkan momen, maka serangan balik langsung diterapkan untuk mematikan lawan seketika.

Strategi ini pun berhasil karena jika diadu ‘head to head’ sejatinya pemain Indonesia akan kesulitan mengingat postur badan pemain Filipina jauh lebih tinggi.

Sementara saat melawan Myanmar, Skuad Garuda Muda didorong tampil lebih agresif dalam menyerang karena tim lawan memiliki kecepatan yang lebih dari Filipina. Shin Tae-yong mengamati ini saat Myanmar menghadapi Vietnam, yang bisa jadi menjadi ancaman bagi Indonesia.

"Jadi saya tekankan untuk ‘pressing’ dari awal, dan saya senang karena pemain mengerti dan mengikuti instruksi saya," sambungnya.

Pada laga semifinal, Vietnam akan bersua dengan runner-up dari Grup B. Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi juara Grup B, demikian dimuat Antara.

Load More