Irwan Febri Rialdi | Arif Budi Setyanto
Marc Klok saat membela Timnas Indonesia U-23 lawan Andong University. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Gelandang naturalisasi Timnas Indonesia U-23, Marc Klok, mendapatkan banyak kritikan di SEA Games 2021. Kondisi ini membuat dirinya mendapat sorotan dari media Vietnam.

Marc Klok merupakan salah satu pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengisi tiga slot senior di skuad timnas Indonesia U-23. Alih-alih tampil mengesankan, gelandang berusia 29 tahun ini masih belum menunjukkan performa terbaiknya.

Di laga pertama, Klok tidak bermain maksimal ketika timnas Indonesia U-23 kalah telak dari Vietnam dengan skor 3-0. Kemudian ketika menghadapi Timor Leste, pemain yang lahir di Belanda itu juga belum maksimal.

Baca Juga:
Kisah Quincy Kammeraad, Kiper Timnas Filipina U-23 yang Pernah Nangis karena Dibantai Indonesia

Ditambah Marc Klok menjadi pemain yang membuat Timor Leste mendapatkan hadiah penalti. Beruntung Ernando Ari berhasil melakukan penyelamatan apik.

Terbaru, meski skuad Garuda Muda menang 4-1 atas Timor Leste, Mar Klok masih panen kritikan. Ia mendapatkan kritikan dari Tony Ho yang kemudian disorot media Vietnam.

Marc Klok saat turun bertanding dengan berbaju Timnas Indonesia U-23 (Instagram Marcklok/@marcklok).

"Penampilan klok jauh berbeda dari liga. Dengan kualitas dan pengalamannya, ia seharusnya jadi kekuatan untuk tim. Saya melihat bahwa timnas Indonesia U-23 tak memiliki pemimpin lapangan, seharusnya Klok memainkan peran itu," ucap Tony Ho dinukil dari laporan media Vietnam The Thao247.

Baca Juga:
Profil Bilqis Prasista, Anak Legenda Bulu Tangkis Indonesia yang Bungkam Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022

Lebih lanjut, Tony Ho mengatakan apakah performa yang belum terlihat dari Marc Klok ini karena kesalahan strategi Shin Tae-yong atau memang ia masih belum bisa mengambil peran di lini tengah skuad Garuda Muda.

Terlepas kritikan yang ditujukan terhadap Marc Klok, kini timnas Indonesia U-23 sudah meraih kemenangan pertama di SEA Games 2021. Sayang posisinya anak asuh Shin Tae-yong masih belum beranjak dari klasemen Grup A.

Timnas Indonesia U-23 masih tertahan di posisi ketiga klasemen dengan koleksi tiga poin. Mereka masih kalah dari Myanmar (6 poin) serta Vietnam dan Filipina (4 poin).

Baca Juga:
Hasil Piala Uber 2022: Indonesia Dipastikan Kalah dari Jepang Tapi Lolos ke Perempat Final

Load More