Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia U-23 jalani TC di Korea Selatan. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-23 dan U-16 masih diajari teknik sepak bola dasar saat mengikuti pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan. Hal itu diungkap oleh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong telah menggelar TC untuk dua tim kelompok umur timnas Indonesia, yakni U-19 dan U-23. Dua tim ini punya tujuan berbeda.

Timnas Indonesia U-19 disiapkan untuk Piala Dunia U-23. Sedangkan timnas U-23 dilatih sebagai persiapan SEA Games 2021 mendatang.

Baca Juga:
Media Vietnam Girang Dengar Kabar Pratama Arhan Absen Bela Timnas Indonesia di SEA Games 2021

TC tersebut kemudian menjadi sorotan media Korea Selatan Sports Donga. Mereka menyebutkan bahwa pemusatan latihan ini istimewa karena Shin Tae-yong masih mengajarkan dasar-dasar sepak bola.

"Saya mengajarkan dasar-dasar sepak bola satu per satu, seperti menyundul, menembak, dan passing," ucap mantan pelatih timnas Korea Selatan tersebut dikutip dari Sports Donga pada Selasa (26/4/2022).

Lebih lanjut, Shin Tae-yong menjelskan bahwa ia mengajarkan hal tersebut dengan dasar pertanyaan 'mengapa'. Jadi tidak serta merta ia hanya melatih teknik dasar saja ke pemain.

Baca Juga:
Segera Jalani Penyembuhan Cedera, Begini Kondisi Terkini Ramai Rumakiek

"Saya melalui proses belajar mengapa harus memakai kepala dan menerima rebound pada waktu tertentu. Mengapa harus menembak dalam situasi tertentu, dan mengapa harus memberi bola dengan rekan satu tim," jelas Shin Tae-yong.

Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu mengucapkan jika para pemain sudah memahami teknik dasar, maka mereka akan lebih mudah untuk belajar ke level pelatihan sebelumnya dan membaca pertandingan.

Nah, latihan tersebut ternyata dianggap efektif. Para pemain telah mengkonfirmasi bahwa mereka berkembang di bawah asuhan Shin Tae-yong saat laga uji coba yang dijalani di Korea Selatan.

Baca Juga:
Hasil BAC 2022: Dua Tunggal Putri Indonesia ke Babak Utama usai Lolos Kualifikasi

Di sisi lain, pelatih berusia 51 tahun ini juga puas dengan perkembangan para pemainnya. Tidak hanya untuk urusan performa, tapi mental para pemain juga meningkat tajam.

Load More