Irwan Febri Rialdi
Pemain asal Myanmar yang bermain di Leganes, Arthur Pha. (Instagram/@arthurpha)

Bolatimes.com - Deretan bintang sepak bola Liga Eropa siap memeriahkan ajang SEA Games 2021, sekaligus memberi kesulitan tersendiri untuk timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Persiapan matang dilakukan timnas Indonesia U-23 seiring gelaran SEA Games 2021 yang bakal segera dihelat pada bulan Mei mendatang.

Pemusatan latihan di Korea Selatan menjadi pilihan, anak asuh Shin Tae-yong digembleng secara fisik dan mental sebelum berlaga di SEA Games 2021.

Baca Juga:
Tak Cuma Pelatih, Thomas Doll juga Jadi Manajer Persija Jakarta

Terbaru, hasil uji coba pertandingan timnas Indonesia U-23 sukses memetik kemenangan dengan skor cukup mencolok yakni 4-2 pada Kamis (21/4/2022).

Marc Klok, Irfan Jaya, Ricky Kambuaya dan Fachruddin Ariyanto langsung dipasangs sebagai starter di laga melawan Andong University.

Sederet latihan fisik, mental dan skema permainan diperlukan mengingat lawan-lawan di SEA Games 2021 bermaterikan pemain mentereng.

Baca Juga:
Direkrut Persija Jakarta, Eks Pelatih Dortmund: Saya Merasa Terhormat

Beberapa kontestan bahkan diperkuat oleh para bintang Liga Eropa yang bisa menyulitkan hingga bahkan memberi pil pahit untuk Indonesia.

Lantas siapa saja para pemain ini? berikut deretan pemain Liga Eropa yang turut bermain di pemtas SEA Games 2021.

1. Arthur Pha (Myanmar)

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Pohang Steelers, Skuad Garuda Muda Lawan Klub Top Korea

Arthur Pha menjadi salah satu dari 21 pemain yang dibawa Velizar Popov untuk SEA Games 2021 dan tentu menjadi pemain yang harus diwaspadai Indonesia.

Gelandang berusia 18 tahun ini merupakan pemain akademi Leganes U-23, salah satu klub Liga Spanyol, karier sepak bolanya pun cukup menarik.

Lahir di Myanmar, namun Arthur Pha sempat pindah ke Thaoland dan memperkuat Narkhun Chiang Mai hingga pada 2017 bakatnya menarik perhatian salah satu pelatih asal Inggris.

Baca Juga:
Thomas Doll Resmi Jadi Pelatih Baru Persija Jakarta

Arthur pun langsung direkomendasikan untuk menjalani trial bersama Leganes, kepercayaan berhasil dibayar sang pemain hingga mendapat kontrak resmi pada 2019.

Ia bermain untuk Leganes U-23 sejak saat itu, tak heran tenaganya kini dibutuhkan Myanmar salah satunya untuk merengkuh Medali Emas SEA Games 2021.

Dalam duel terakhir di SEA Games sebelumnya, Myanmar sukses memberi perlawanan ketat meski akhirnya harus menelan kekalahan dari Indonesia di partai semifinal pada 2019.

2. David Setters, Nathan Rilloraza dan Antoine Ortega (Filipina)

Filipina bisa menjelma sebagai tim berbahaya bagi Indonesia dengan sederet pemain yang bermain di Liga Eropa, seperti David Setter, Nathan Rilloraza dan Antoine Ortega.

David Setters merupakan pemain jebolan akademi Portsmouth FC, Nathan Rilloraza pemain akademi Malaga dan Antoine Ortega merupakan pemain CF Badalona di Liga Spanyol.

Selain para pemain ini, Filipina juga masih diperkuat beberapa pemain keturunan seperti Dennis Chung (Jerman), Griffin McDaniels (Amerika Serikat) dan Kieran Hayes (Inggris)

Kontributor: Eko

Load More