Irwan Febri Rialdi
Penyerang Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).

Bolatimes.com - Tidak ada nama Osvaldo Haay dalam daftar skuad Timnas Indonesia U-23 yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Absennya Osvaldo di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini cukup ironis buat pemain berusia 23 tahun tersebut.

Pasalnya, Osvaldo Haay merupakan andalan skuad Timnas Indonesia U-23 pada SEA Games 2019 di Filipina. Performanya bahkan gemilang sehingga muncul sebagai top skor di cabang sepak bola putra.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Timnas Indonesia U-23 Bungkam Andong Science College 4-2

Dari tujuh pertandingan yang dilakoni olehnya, dari babak penyisihan grup hingga babak final melawan Vietnam, pemain milik Persija Jakarta ini mencetak 8 gol.

Torehan ini menjadikan Osvaldo sebagai pencetak gol terbanyak di SEA Games 2019 bersama pemain Vietnam, Ha Duc Chinh.

Salah satu penampilan terbaik hadir ketika mencetak hat-trick ke gawang Brunei Darussalam pada babak penyisihan grup. Saat itu Indonesia melibas Brunei dengan skor telak 8-0.

Baca Juga:
Siap Hadapi Liga 2, Persipura Jayapura Bidik Gelar Juara

Osvaldo Haay juga jadi pahlawan Timnas Indonesia U-23 di babak semifinal. Dia menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 4-2 Indonesia.

Meski harus puas dengan raih medali perak usai dikalahkan Vietnam di babak final, catatan impresif Osvaldo Haay di SEA Games 2019 menunjukkan bahwa dirinya adalah salah satu winger terbaik di Indonesia.

Torehan apik ini membuat Osvaldo Haay digadang-gadang bakal menjadi pilihan utama lini depan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Baca Juga:
Pemanasan Piala Dunia 2022, Timnas Amerika Serikat Ditantang Maroko

Namun sayang, harapan itu tidak terjadi setelah Osvaldo Haay tidak dilirik oleh Shin Tae-yong. Sebetulnya, Osvaldo sempat dipercaya masuk ke pemusatan latihan pada September 2021.

Akan tetapi nama Osvaldo Haay kemudian tidak masuk ke dalam daftar 30 pemain Timnas Indonesia untuk menghadapi Chinese Taipei di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023. 

Alasan tidak dipanggilnya Osvaldo Haay disebut-sebut karena sang pemain mangkir dari pemanggilan sebelumnya.

Baca Juga:
Pemain Brasil Diteror Pria Bersenjata yang Kesal dengan Performanya

Nyatanya, Shin Tae-yong terus tidak melirik Osvaldo Haay untuk agenda-agenda Timnas Indonesia selanjutnya. Pelatih asal Korea Selatan itu seolah sudah menemukan pemain depan andalannya.

Tak cuma SEA Games 2021, Osvaldo Haay sebelumnya juga tidak dilibatkan dalam skuad Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020.

Kontributor: Aditia Rizki

Load More