Husna Rahmayunita
Sandy Walsh dan Jordi Amat pamer jersey Timnas Indonesia saat bertemu dengan Hasani Abdulgani. (Instagram/hasaniabdulgani)

Bolatimes.com - Dua calon pemain naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh disebut antusias menjadi warga negara Indonesia (WNI) untuk membela Timnas Indonesia.

Ini disampaikan setelah keduanya bertemu dengan pihak PSSI dan menandatangani berkas administrasi yang diminta Kementerian Hukum dan HAM.

Belum lama ini, Exco PSSI Hasani Abdulgani dan utusan khusus Hamdan Hamedan diutus untuk berangkat ke Belanda dan Belgia menemui keluarga dan kedua pemain, termasuk mengurus administrasi untuk proses naturalisasi.

Baca Juga:
Pratama Arhan Belum Bisa Dipastikan Bela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

Selepas menerima laporan dari dua utusannya itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa Sandy Walsh dan Jordi Amat sangat antusias untuk segera menjadi WNI. 

Tidak hanya itu, keluarga mereka juga disebut terharu menerima kunjungan dari perwakilan PSSI.

"Semua pemain yang kami temui di Belgia dan Belanda sangat welcome, baik secara pribadi maupun keluarga. Mereka sangat antusias untuk segera membela timnas Indonesia," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:
Manchester United Dilibas Liverpool, Ralf Rangnick: Sangat Memalukan

Hamdan menambahkan bahwa masih banyak pemain lain keturunan Indonesia yang bermain di Liga Belanda, Belgia, dan Inggris. Rata-rata mereka berusia 18-20 tahun dan menjadi starter di klubnya masing-masing.

“Tentu ini bisa menjadi bahan diskusi antara PSSI, Direktur Teknik, dan Shin Tae-yong. Data soal pemain ini akan saya berikan ke PSSI. Selanjutnya terserah PSSI," ujar Hamdan.

PSSI selanjutnya akan menindaklanjuti proses naturalisasi untuk dua pemain keturunan Indonesia itu.

Baca Juga:
6 Fakta Menarik di Balik Keberhasilan Liverpool Bantai Manchester United

“Tentu setelah ini, kami akan meminta waktu kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk melaporkan progres ini. Setelah ada arahan dari Menpora, PSSI akan melangkah ke proses selanjutnya," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Jordi Amat (30), belum lama ini pamit meninggalkan klub Liga Belgia KAS Eupen. Sedangkan Sandi Walsh (26) saat ini memperkuat klub Liga Belgia KV Mechelen, demikian dimuat Antara.

Baca Juga:
Persebaya Minati Brylian Aldama, Aji Santoso: Kalau Tidak Mau, Tidak Masalah

Load More