Husna Rahmayunita | Arif Budi Setyanto
Bek sayap Ansan Greeners Asnawi Mangkualam. [dok. K League]

Bolatimes.com - Pemain asal Indonesia Asnawi Mangkualam akhirnya dimainkan oleh Ansan Greeners selama 90 menit saat meawan Gimpo Citizen di lanjutan K League 2, Sabtu (16/4/2022). Sang pelatih, Cho Min-kook dibuat terkesan dengan Asnawi.

Pada laga tersebut, Asnawi Mangkualam juga diturunkan sebagai pemain starter saat bertandang di markas Gimpo Citizen. Ini kali perdana, ia main 90 menit sejak perpanjangan kontrak.

Pemain timnas Indonesia ini dipercaya sebagai wing back kanan dalam formasi 3-4-3. Strategi ini pun sukses karena Ansan Greeners mencetak gol lebih dulu dari Bo-Seob Kim pada menit ke-20.

Baca Juga:
Profil Shinji Kagawa, Eks Manchester United yang Dirumorkan Gabung Persib Bandung

Sayangnya tim tuan rumah Gimpo Citizen mampu menyamakan kedudukan lewat Min-Ho Yun jelang berakhirnya babak pertama. Namun, skor 1-1 itu bertahan hingga akhir pertandingan.

Asnawi Mangkualam sendiri tampil menjadi sorotan. Sebab, eks PSM Makassar ini bermain starter hingga 90 menit di lapangan.

Tentu catatan ini sangat menjanjikan karena pemain berusia 22 tahun ini sebelumnya lebih banyak duduk di bangku cadangan. Kini Asnawi bisa bermain penuh karena pernapasannya sudah normal.

Baca Juga:
Gagal ke Final IYC 2021, Pemain Indonesia All Star U-20 Akui Kecolongan Lawan Atletico Madrid U-18

Hal itu kemudian pelatih Cho Min-kook girang dengan Asnawi yang kembali bisa bermain dalam waktu 90 menit tanpa terlihat sangat kelelahan dengan napasnya.

"Sangat menggembirakan bahwa itu berlangsung 90 menit. Itu adalah penampilan bagus dengan ledakan napas," ucap pelatih Ansan Greeners dikutip dari STN Sports pada senin (18/4/2022).

Kendati begitu, Cho Min-kook tetap memberikan kritikan terhadap Asnawi Mangkualam. Wakil kapten timnas Indonesia di Piala AFF ini disebut umpan silangnya sedikit mengecawakan, tapi semuanya masih terbilang oke.

Baca Juga:
Profil FC Groningen, 'Pabrik' Pemain Hebat Eropa yang Rekrut Ragnar Oratmangoen

Sayangnya penampilan apik Asnawi Mangkualam yang mampu membuat pelatihnya girang ini malah berakhir antiklimaks karena Ansan Greeners gagal meraih kemenangan.

Kini Ansan Greeners naik satu peringkat walau meraih hasil imbang dengan koleksi enam poin dari 10 pertandingan. Mereka menggeser Busan IPark yang kini berada di dasar klasemen sementara K League 2 dengan jarak satu poin.

Baca Juga:
Dua Lawan Timnas Indonesia U-23 saat TC di Korea Selatan, Termasuk Klub Top K-League

Load More