Husna Rahmayunita
Gelandang serang Timnas Jepang yang merupakan mantan pemain Manchester United Shinji Kagawa dikabarkan tengah menjadi incaran Persib Bandung (Benjamin CREMEL / AFP)

Bolatimes.com - Rumor transfer Liga 1 kembali membuat geger. Kali ini, Persib Bandung disebut-sebut bakal mendatangkan mantan gelandang Manchester United, Shinji Kagawa.

Munculnya nama Shinji Kagawa sebagai salah satu bidikan Persib Bandung di bursa transfer juga membuat gempar media sosial.

Belakangan ini, banyak suporter Persib Bandung yang menyebur akun Instagram Shinji Kagawa. Gelandang asal Jepang itu disebut-sebut bakal merapat ke Kota Kembang.

Baca Juga:
Gagal ke Final IYC 2021, Pemain Indonesia All Star U-20 Akui Kecolongan Lawan Atletico Madrid U-18

Rumor ini sejurus dengan kosongnya slot pemain asing asal Asia tim Pangeran Biru yang sebelumnya diisi oleh gelandang asal Palestina, Mohammed Rashid.

Setelah berakhirnya kerja sama kontrak antara Persib Bandung dan Mohammed Rashid, Shinji Kagawa muncul sebagai calon pemain yang akan menggantikannya.

Profil Shinji Kagawa, eks-pemain Manchester United yang dirumorkan merapat ke Persib Bandung.

Baca Juga:
Profil FC Groningen, 'Pabrik' Pemain Hebat Eropa yang Rekrut Ragnar Oratmangoen

Shinji Kagawa merupakan pesepak bola kelahiran Kobe, Jepang, pada 17 Maret 1989, yang namanya cukup mentereng hingga daratan Eropa.

Pemain berusia 33 tahun ini dikenal sebagai pemain yang bertalenta, baik secara teknik maupun kreativitas. Ia juga memiliki kemampuan serbaguna sebagai playmaker.

Sebelum jadi pemain profesional, Shinji Kagawa sudah berlatih sepak bola sejak usia lima tahun. Ia menimba ilmu bersama Marino FC (1194-1999), Kobe NK FC (1999-2001), hingga FC Miyagi Barcelona (2001-2005).

Baca Juga:
Dua Lawan Timnas Indonesia U-23 saat TC di Korea Selatan, Termasuk Klub Top K-League

Karier profesionalnya bermula bersama Cerezo Osaka saat usianya baru menginjak 17 tahun. Dia jadi pemain Jepang pertama yang meneken kontrak profesional sebelum lulus dari sekolah menengah atas (SMA).

Setahun setelah dikontrak pada 2006, Kagawa mulai mendapatkan tempat reguler di skuad Cerezo Osaka. Pada 2019, dia menjadi pencetak gol di J2 League dan mencuri perhatian banyak klub besar.

Pada 2010, Kagawa direkrut raksasa Liga Jerman, Borussia Dortmund dengan mahar sebesar 350 ribu euro. Ia pun langsung mencatat debut pada 23 Agustus 2010 di Bundesliga.

Baca Juga:
Praveen/Melati Batal Main di Thailand Open 2022, Dejan/Gloria Tetap Tampil

Upayanya itu turut membantu Dortmund meraih gelar juara Liga Jerman dan namanya terpilih sebagai 11 Pemain Terbaik Bundesliga 2010/2011.

Meskipun pad amusim pertama sempat dibekap cedera dan absen selama hampir separuh musim, Kagawa tetap sanggup mencetak delapan gol dari 18 penampilannya di Bundesliga

Pada 5 Juni 2012, Manchester United akhirnya mengumumkan transfer Shinji Kagawa dari Borussia Dortmund. Ia pun jadi pemain Jepang pertama yang bermain untuk Man United.

Kagawa sukses menjadi perbincangan saat mencetak hattrick untuk Manchester United. Sebab, ia jadi pemain Jepang pertama yang mencetak tiga gol di Premier League.

Kagawa juga sukses menjadi pemain asal Negeri Samurai pertama yang meraih gelar Liga Inggris ketika Manchester United meraih gelar juara terakhirnya di era Sir Alex Ferguson.

Kagawa akhirnya kembali memperkuat Dortmund pada 2014. Setelah itu, ia sempat bermain bersama sejumlah klub Eropa seperti Real Zaragoza (2019-2021), PAOK (2021-2022), hingga Sint-Truiden (2022-sekarang).

Kagawa juga pernah menjadi bagian penting dari skuad timnas Jepang sejak mencatat debut pada 24 Mei 2008. Sepanjang kariernya, ia telah mencetak 31 gol dari 97 penampilannya bersama tim Samurai Biru.

Kontributor: Muh Adif Setyawan

Load More