Rabu, 06 Juli 2022
Irwan Febri Rialdi : Senin, 11 April 2022 | 08:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, turut buka suara atas prestasi Timnas Futsal Indonesia yang menjaadi runner-up Piala AFF Futsal 2022. Meski gagal juara, ia tetap memberikan apresiasi.

"Kalian sudah memperlihatkan perjuangan yang luar biasa. Terima kasih," kata Iriawan, dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Senin.

Menurut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, rakyat Indonesia bangga dengan penampilan skuad asuhan pelatih asal Irak Muhammad Hashemzadeh tersebut.

Iriawan pun meminta Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan selalu menjaga semangat menyongsong turnamen-turnamen selanjutnya.

Indonesia keluar sebagai tim terbaik kedua di Piala Futsal AFF 2022 setelah ditundukkan tuan rumah Thailand pada laga final di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Minggu (10/4) yang harus diakhiri dengan adu penalti.

Dalam laga final, Indonesia sejatinya unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Evan Souimalena dan Ardiansyah Runtuboy.

Namun, Thailand yang tampil dengan strategi "power play" pada menit-menit akhir pertandingan berhasil menyamakan kedudukan hanya dalam waktu satu menit, tepatnya pada menit ke-40 atau di penghujung laga, berkat gol Krit Aransanyalak serta Muhammad Osamanmusa.

Skor imbang 2-2 pada waktu normal dan babak tambahan membuat pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti. Pada fase ini, lima penendang Thailand melaksanakan tugas dengan baik, sementara Indonesia hanya mampu memasukkan tiga bola dari empat kesempatan.

Bagi Indonesia, peringkat kedua (runner-up) Piala Futsal AFF 2022 merupakan pencapaian keempat setelah sebelumnya prestasi serupa diraih pada 2006, 2008 dan 2019, di mana Indonesia selalu bersua dengan Thailand di final.

Sementara untuk Thailand, gelar juara Piala Futsal AFF 2022 menjadi yang ke-16 sejak turnamen itu dilaksanakan pada 2001.

Dengan menjadi "runner-up" Piala AFF 2022, Indonesia pun dipastikan lolos ke Piala Asia Futsal AFC 2022 yang akan dilaksanakan di Kuwait pada 25 September-20 Oktober.

Indonesia pun tidak pulang ke Tanah Air dengan tangan kosong karena kiper Muhammad Albagir dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik Piala Futsal AFF 2022.

BACA SELANJUTNYA

Sejarah Piala Indonesia, Turnamen yang Lama Vakum Kini Resmi Digulirkan Lagi