Husna Rahmayunita
Timnas Futsal Indonesia vs Myanmar di Piala AFF Futsal. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Melihat kembali momen di mana Timnas Futsal Indonesia mampu menghajar Myanmar jelang pertemuan kedua tim di Piala AFF Futsal 2022.

Dalam hitungan jam, timnas futsal Indonesia akan berhadapan dengan Myanmar di babak empat besar atau semifinal Piala AFF Futsal 2022, Jumat (8/4).

Jelang pertemuan kali ini, anak asuh Mohammad Hashemzadeh menatap laga dengan kepala tegak, mengingat perbedaan ranking dan rekor yang dimiliki.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam Diprediksi Otomatis Lolos ke Semifinal SEA Games 2021

Berdasarkan ranking di Asia, timnas futsal Indonesia unggul dengan menduduki peringkat ke-10 dan Myanmar hanya menempati peringkat ke-17.

Sedangkan untuk kancah dunia, Indonesia berada di peringkat ke-45, unggul jauh atas Myanmar yang menempati peringkat ke-78 dunia.

Selain karena rekor, timnas futsal Indonesia juga punya catatan apik dalam sejarah pertemuannya dengan Myanmar di kancah Piala AFF Futsal.

Baca Juga:
Bantah karena Uang, Evan Dimas Siap Main dengan Hati untuk Arema FC

Tercatat timnas futsal Indonesia dan Myanmar telah berjumpa sebanyak sembilan kali di Piala AFF Futsal sejak 2005 silam.

Dalam jumlah pertemuan tersebut, Indonesia mampu memenangi tujuh kali pertandingan dan meraih dua kekalahan saja dari Myanmar.

Dari jumlah tujuh kemenangan itu, terdapat satu laga di mana timnas futsal Indonesia benar-benar menghajar Myanmar tanpa ampun, tepatnya pada 2018 silam saat tim Merah Putih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala AFF Futsal.

Baca Juga:
Sempat Ada Pembicaraan, Ryuji Utomo Tolak Klub Korea Selatan Demi Persija Jakarta

Bantai Myanmar Tanpa Ampun

Pada 2018 lalu, timnas futsal Indonesia bersua dengan Myanmar di pertandingan pertama grup A, tepatnya pada 5 November 2018.

Dalam laga itu, timnas futsal Indonesia berhasil menghajar Myanmar dengan skor 5-1 lewat dua gol Bambang Bayu Saptaji dan dua gol Andri Kustiawan serta satu gol dari Marvin Alexa.

Baca Juga:
Dibilang Cemburu sama Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney Bawa-bawa Nama Lionel Messi

Saat itu, Bayu Saptaji membuka skor untuk Indonesia di menit ketiga, yang kemudian berhasil disamakan oleh Min Tun enam menit berselang.

Namun kedudukan imbang itu tak bertahan lama setelah Andri Kustiawan berhasil membawa Indonesia kembali unggul di menit ke-15.

Gol dari Andri Kustiawan ini kemudian disusul oleh gol Marvin Alexa dua menit berselang dan Bayu Saptaji tiga menit berselang.

Hingga akhirnya di menit ke-23, Andri Kustiawan berhasil mencetak gol kelima Indonesia yang membuat tim Merah Putih menang 5-1 atas Myanmar.

Hasil pada 2018 lalu itu pun tentu diharapkan bisa diulang pada laga semifinal Piala AFF Futsal 2022 kontra Myanmar nanti.

Pasalnya, Indonesia membutuhkan kemenangan untuk melaju ke babak final, agar bisa masuk dalam tiga peringkat teratas guna lolos ke Piala AFC Futsal di Kuwait.

Kontributor: Vikal Pamungkas

Load More