Irwan Febri Rialdi
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Pelatih anyar timnas Malaysia, Kim Pan-gon, sempat mengutarakan ambisinya untuk mengalahkan kompatriotnya yang kini melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Ambisi itu dimiliki oleh Kim Pan-gon karena dia menjadi nama pelatih terbaru yang bekerja di kawasan Asia Tenggara, menyusul Shin Tae-yong di timnas Indonesia dan Park Hang-seo yang bekerja untuk timnas Vietnam.

Kim Pan-gon sempat menyebut bahwa Park Hang-seo menjadi pelatih yang mampu membawa prestasi bagi timnas Vietnam.

Baca Juga:
Sempat Ketar-ketir, Timnas Singapura Sukses Bungkam Malaysia 2-1

Dia berharap bisa menumbangkan seniornya tersebut suatu saat nanti. Selain itu, ia juga bertekad untuk menang atas Shin Tae-yong yang menakhodai timnas Indonesia.

“Pada saat yang bersamaan, saya menantikan tantangan untuk menghadapi timnas Malaysia yang ditangani oleh Shin Tae-yong. Ini pasti akan jadi pertandingan yang menarik,” katanya.

Kini, Kim Pan-gon yang ditunjuk Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk mendongkrak prestasi Harimau Malaya pascakandas di Piala AFF 2020 sudah memulai pekerjaannya.

Baca Juga:
Percaya Proses, Presiden FIGC Tak Pecat Roberto Mancini usai Italia Gagal ke Piala Dunia 2022

Pada laga debutnya sebagai pelatih timnas Malaysia, Kim Pan-gon sukses membawa anak asuhnya meraih hasil positif ketika berjumpa Filipina.

Dalam duel FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (23/3/2022) itu, timnas Malaysia sukses menang dua gol tanpa balas.

Namun, pada pertandingan uji coba internasional kedua di Singapura, Harimau Malaya harus mengakui keunggulan tim tuan rumah.

Baca Juga:
Bhayangkara FC vs Persija Imbang, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Pasalnya, duel antara Malaysia versus Singapura di Stadion Nasional, Singapura. Sabtu (26/3/2022) itu berakhir dengan kemenangan The Lions dengan skor 2-1.

Dua gol timnas Singapura pada pertandingan ini dicetak oleh Ikhsan Fandi, sedangkan satu-satunya gol balasan Harimau Malaya dicatat oleh Liridon Krasniqi.

Tentu saja, Kim Pan-gon harus bekerja lebih ekstra untuk meningkatkan performa timnas Malaysia di level internasional.

Baca Juga:
Setelah Dua Tahun, Fajar / Rian Akhirnya Kembali Lolos ke Partai Final

Sebab, kekalahan yang diperoleh dari Singapura terhitung mengejutkan lantaran The Lions belum memiliki pelatih definitive seusai Tatsuma Yoshida angkat kaki. Saat ini, Singapura diasuh oleh Nazri Nasir sebagai pelatih sementara,

Hal ini menjadi catatan tersendiri bagi Kim Pan-gon yang berambisi membawa Malaysia mengalahkan Indonesia.

Pasalnya, timnas Indonesia sempat berhasil menumbangkan perlawanan Singapura pada ajang Piala AFF 2020 lalu.

Pada partai semifinal itu, skuad asuhan Shin Tae-yong sukses menang dengan skor 5-3 atas Singapura dan lolos ke final Piala AFF 2020.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Load More