Irwan Febri Rialdi
Taufik Suparno, pemain berdarah Indonesia yang kini main di Timnas Singapura. (Dok. FAS)

Bolatimes.com - Lima tahun berselang, Taufik Suparno kembali dipercaya masuk skuat timnas Singapura untuk kedua kalinya pesepak bola berdarah Indonesia bermain untuk timnas The Lions.

Taufik Suparno dipanggil memperkuat timnas Singapura untuk laga turnamen mini bertajuk Tri Nations yang digelar pada Sabtu (26/3/2022) di Stadion National, Singapura.

Profil Taufik Suparno

Baca Juga:
Madura United Sikat Borneo FC 1-0, Berikut Klasemen Terbaru Liga 1 2021/2022

Kali pertama Taufik Suparno dipanggil untuk membela timnas Singapura terjadi pada November 2015 silam, saat mendengar namanya mungkin banyak yang mengira jika ia orang Indonesia.

Dan kenyataannya, Taufik Suparno merupakan salah satu pemain Singapura yang memiliki darah Indonesia, hal itu didapat dari sang ayah yang berasal dari Indonesia.

Sementara itu ibu dari Taufik merupakan warga negara Singapura, bukan hal mengejutkan bagi penggemar timnas berjuluk The Lions tersebut.

Baca Juga:
Tak Hanya Pratama Arhan, Tokyo Verdy Kepincut untuk Datangkan Pemain Indonesia Lagi

Pasalnya, Taufik bukan satu-satunya pemain berdarah Indonesia yang bermain untuk tim nasional Singapura, ada pula Fandi bersaudara.

Tiga putra dari Fandi Ahmad, di antaranya Ilhan, Irfan dan Ikshan Fandi yang mengisi berbagai posisi di tim nasional Singapura.

Melihat karier Taufik, pemain berdarah Indonesia ini merupakan jebolan dari National Football Academy dan sudah bergabung dengan salah satu klub besar Singapura di usia 16 tahun.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak dari Korea Selatan U-19, Shin Tae-yong Sempat Gugup

Tampines Rovers yang juga klub langganan Piala AFC menjadi awal karier Taufik Suparno menjadi pesepak bola profesional, hal itu juga yang membuatnya dilirik timnas Singapura.

Di usianya yang masih sangat muda, Taufik Suparno sudah bergabung dengan timnas Singapura untuk kelompok umur, meskipun baru dipanggil memperkuat skuat senior pada 2015.

Tepatnya kualifikasi Piala Dunia 2018, meskipun saat itu Taufik tidak mendapat jatah bermain, namun kesempatan bermain itu datang di kesempatan lain.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-19 Dapat Pelajaran dari Korea Selatan, Dihajar 0-7

Taufik bakal menjadi andalan Singapura dalam turnamen mini yang diikuti Filipina dan Malaysia itu, berikut profil singkat Taufik Suparno.

Nama: Muhammad Taufik bin Suparno

Tempat Lahir: Singapura

Tanggal Lahir: 31 Oktober 1995

Kewarganegaraan: Singapura

Posisi: Penyerang Sayap, Tengah

Klub sekarang: Tampiner Rovers

Karier:

2015-2018 = Young Lions

2018-saat ini = Tampines Rovers

Load More